Server PPDB ‘Down’, Dewan Sebut Dinas Infokom Kota Makassar Lalai dari Tanggung Jawab

oleh -308 views
oleh

UPDATESULSEL- Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang “down” di Kota Makassar banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Maka dari itu Dewan DPRD Kota Makassar meminta Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Makassar untuk serius menyiapkan sistem PPDB yang dilaksanakan secara online.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar, H. Abdul Wahab Tahir. Menurut H.Abdul Wahab Tahir Dinas  Infokom Kota Makassar harus serius dalam penanganan pendaftaran calon siswa-siswi di Kota Makassar.

Sebagai penyedia server, kata Wahab, Infokom tidak bekerja sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ada belanja sistem untuk mendukung kerja-kerja PPDB tidak dilakukan oleh mereka (Infokom), sehingga server ini menjadi down“, kata Wahab saat diwawancara oleh awak media di ruang kerjanya, Senin (6/7/2020).

“Padahal, kapasitas server kita bisa mem-backup itu (sistem PPBD), tapi persoalan ini (sistem) yang mereka (Infokom) tidak belanjakan, sehingga sistem jadi down“, tambah Wahab.

Untuk itu, legislator Fraksi Golkar Makassar itu menekankan agar Pj Wali Kota Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar bisa melakukan perbaikan secepat mungkin.

“Jadi, kemarin hari Minggu dan hari ini (Senin), Insya Allah tidak lagi (down). Karena kita sudah tekankan kepada Pj dan Disdik untuk melakukan perbaikan, karena ini juga mengenai koneksi antar Dinas Makassar, dan kembali meminta Infokom jangan main-main sebab efeknya sangat besar kepada seluru calon siswa”, tegas Wahab.

Bukan hanya itu, Wahab juga bongkar jika beberapa bawahan di Infokom tidak ditempatkan pada tempat yang seharusnya mereka kerjakan.

“Misalnya, ada salah satu kepala bidang di sana adalah ahlinya IT dan tenaganya dipakai di seluruh daerah, tapi di sini (Infokom) tidak dilibatkan dia. Artinya, ini Infokom memang “lalai”, jadi di sini bukan kesalahan server, tapi menjurus ke “Human Error” (SDM nya yang bermasalah), harus dievaluasi ini Infokom,” pungkas Wahab. (**)