Peringati Hari Ibu, Ini Pesan Bijak Ansar Mangopo

oleh -73 views
H.Andi Muhammad Ansar Mangopo

UPDATESULSEL.NEWS– Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Dalam ajaran agama maupun tradisi, ibu memegang peranan yang sangat penting.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Keluarga Massenrempulu (DPW HIKMA Sulsel), Andi Muhammad Ansar Mangopo mengatakan, dalam tradisi atau ajaran Islam, disebutkan ‘surga berada di bawah telapak kaki ibu’. Dalam dalam tradisi umum, kesuksesan seseorang atau kekuatan suatu bangsa juga ditentukan oleh doa dan partisipasi para ibu.

“Karena ibu memegang peranan penting dalam mendidik anak-anak, dalam menyebarkan nilai-nilai. Saya selalu Ketua DPW HIKMA Sulsel mengajak kepada kita semua untuk menghormati ibu kita, sekaligus mengajak peran para ibu untuk memperkuat persatuan, keutuhan, dan kedamaian,” kata, Andi Muhammad Ansar Mangopo, Selasa (22/12/2020).

Bagi, Ansar sappan akrab, Andi Muhammad Ansar Mangopo semua orang terutama para pemimpin, perlu memiliki dimensi keibuan dalam membangun. “Artinya dimensi yang lebih lembut, yang mengayomi, peduli, memperhatikan semuanya,” tuturnya.

Diperingtan hari ibu tahun ini, Ansar mengajak keluarga besar HIKMA se Sulsel untuk menjaga dan menghormati peran kaum ibu dalam membangun keluarga yang baik.

“Namanya perhatian, ketulusan, saya pikir itu dimiliki oleh sosok sang ibu. Justru kenapa ibu disebut penyangga agama atau penyangga peradaban karena yang menentukan suami menjadi baik, anak menjadi terdidik secara baik, itu juga sangat dipengaruhi oleh ibu. Jadi peran sebagai pendamping suami dan penjaga anak-anak ini sangat penting, dan biasanya disebutnya ini peran domestik,” katanya.

Menurutnya, justru dengan peran domestik yang baik, karir seorang suami dan masa depan anak-anak akan lebih terjaga. “Di situ peran pentingnya seorang ibu dalam konteksnya. Selain itu yang dalam kodratnya yang tidak bisa ditawar adalah melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak-anaknya,” pungkasnya. (*)