Filosofi Jaket Biru Enam Menteri Baru

oleh -228 views

UPDATESULSEL.NEWS- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengumumkan menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Pengumuman menteri-menteri baru ini di beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 22 Desember 2020 sore.

Jokowi memperkenalkan satu per satu menteri dan mereka duduk di kursi yang telah disediakan. Yang unik adalah busana dari para menteri baru ini. Mereka memakai kemeja putih yang juga khas dipakai Jokowi. Bedanya, kini mereka memakai jaket biru muda setelan itu dipadukan dengan celana panjang berwarna hitam. Tentu saja, para calon menteri juga memakai masker dan face mask mengingat pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan alasan Jokowi memberikan jaket biru yaitu mengartikan menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan dan siap bekerja “Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apapun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja,” ungkapnya.

Bey juga menjelaskan warnanya biru karena enak dilihat dan cerah. “Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat,” sambungnya.

Sandiaga Uno Mantan Rival Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres

Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi bansos. Nama kedua yang diumumkan adalah Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia menggantikan Whisnusakti Kusubandio. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga merupakan lawan Jokowi saat Pilpres 2019. Suami Nur Asia itu menyusul Prabowo yang terlebih dulu menjabat Menteri Pertahanan. Menteri selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Sedangkan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terciduk kasus dugaan korupsi benih lobster. Terakhir, M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan. Pengganti Agus Supramanto ini pernah menduduki jabatan tersebut di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014. Keenam menteri baru itu akan dilantik Rabu, 23 Desember 2020.