KPK ‘Pamer’ Kinerja 6 Bulan, Firli: 160 Perkara, 85 Tersangka

oleh -131 views
oleh

UPDATESULSEL-  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memamerkan hasil kinerjanya selama enam bulan terakhir. Selama enam bulan, ada 160 perkara tindak pidana korupsi yang ditangani dengan jumlah tersangka 85 orang.

Capaian kinerja enam bulan Januari-Juli 2020 ini dipamerkan Firli dalam agenda webinar “Criminal Law and Criminologi #4 Korupsi Bantuan Sosial” yang digelar Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi, Senin, 27 Juli 2020.

“Sampai hari ini dari 160 perkara yang dilakukan penyelidikan KPK telah menemukan dan menetapkan 85 tersangka,” ujar Firli.

Menurut Firli, dari 85 tersangka, saat ini telah ditahan sebanyak 61 orang. Selain itu, sepanjang 6 bulan, KPK juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 3.512 saksi.

Dalam kesempatan ini, jenderal bintang tiga ini juga menjelaskan bahwa proses penyadapan yang dilakukan dengan izin Dewan Pengawas juga berjalan baik dan tidak ada hambatan.

“Sehingga penggeledahan sudah kita lakukan kuranglebih 25 kali penggeledahan dengan 201 kali penyitaan,” ujarnya.

Dari catatan yang ada, OTT kasus menonjol di era Firli adalah penangkapan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan serta eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku. (Kiki)