Isu Lingkungan Belum Diterapkan dalam Promosi Pariwisata

oleh -16 views

UPDATESULSEL– Isu lingkungan ternyata belum diterapkan dalam promosi pariwisata nasional. Padahal, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, menyampaikan, ini penting di masa pemulihan pariwisata. Selama ini, kampanye Pemerintah hanya pada protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

“Dalam Nota Keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2021, (Pemerintah) belum memasukkan (isu) lingkungan. sehingga mestinya menjadi kebersihan, keamanan, dan lingkungan,” ungkap Agustina, dikutip dari laman resmi DPR RI, Kamis (3/9/2020).

Menurut politisi PDI-Perjuangan ini, semangat lingkungan dalam penerapan protokol di destinasi wisata belum dikomunikasikan secara baik di internal Pemerintah. Padahal, substansi ini sering disampaikan Komisi X dalam rapat dengan Kemenparekraf.

“Kami mengingatkan kembali bahwa Kemenparekraf dalam pembahasan RKA K/L tahun 2021 harus memperhatikan rekomendasi Panja Pemulihan Pariwisata,” harapnya.

Sementara itu pada bagian lain, Agustina menyinggung juga arah kebijakan pariwisata Indonesia yang meliputi pemulihan pariwisata melalui pengembangan destinasi super prioritas, pengembangan aspek 3A (atraksi, aksebilitas, dan amenitas), serta peningkatan 2P (promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta). (**)