Bantu UMKM, Tokopedia Hadirkan Inovasi Teknologi Digital

oleh -132 views
oleh

UPDATESULSE.NEWS – Tokopedia menghadirkan inovasi teknologi digital untuk membantu lebih dari 11 juta UMKM lokal. Perusahaan juga membantu lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, termasuk pengguna platform Android dan iOS.

“Kami melihat perilaku pengguna dalam berbelanja dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning, serta teknologi manajemen data untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan masing-masing pengguna,” kata Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin dalam keterangannya.

Dikutip Antara, pengguna Android bisa menggunakan berbagai fitur, termasuk Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant hingga NFC yang memungkinkan pengguna bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Tokopedia menghadirkan teknologi Picture in Picture yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY sambil berbelanja di platform Tokopedia pada saat yang bersamaan.

“Ada juga Dynamic Features di mana aplikasi Tokopedia akan hanya mengunduh fitur yang benar-benar digunakan pengguna. Fitur ini bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27 persen, dari 49.9MB menjadi 36MB,” kata Rico.

Head of Engineering Tokopedia Tonito yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS Tokopedia mengatakan, Tokopedia terus meningkatkan personalisasi dan rekomendasi, metode pembayaran digital dan sistem pengiriman yang disesuaikan dengan kebiasaan serta kebutuhan konsumen Indonesia.

“Salah satu inovasi terbaru kami, yaitu fitur Voice Over, mempermudah tunanetra pengguna Tokopedia dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis online, khususnya di tengah pandemi,” kata Tonito. (*)