WHO: Eks Penderita Covid-19 Lebih Rentan Terinfeksi Ulang Varian Omicron

oleh -116 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa virus Covid-19 varian Omicron memiliki peningkatan risiko infeksi ulang. Hal ini berarti orang yang sebelumnya pernah menderita Covid-19 dapat lebih mudah terinfeksi Omicron jika dibandingkan dengan varian lainnya.

WHO melaporkan, saat ini sedang bekerja untuk memahami dampak potensial Omicron pada efektivitas vaksin dan perawatan.

“Memahami tingkat keparahan varian Omicron akan memakan waktu berhari-hari hingga beberapa minggu,” tulis WHO dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Quardians, Senin 29 November 2021.

WHO juga mengungkapkan, belum mengetahui secara rinci asal varian Covid B.1.1.529 tersebut mulai menyebar lebih mudah dari satu orang ke orang lain.

Saat ini, penelitian juga sedang dilakukan untuk menentukan transmisibilitasnya dibandingkan dengan varian lain, termasuk Delta yang dominan secara global.

WHO juga mengungkapkan, belum mengetahui secara jelas apakah Omicron menyebabkan penyakit yang lebih parah jika dibandingkan dengan infeksi dengan varian lain.

Seliain itu, informasi dari penelitian terbaru belum mengetahui apakan varian Omricon menunjukkan perbedaan gejala yang disebabkan oleh varian tersebut.

Tetapi, WHO memastikan bahwa tes PCR standar untuk Covid-19 dapat mendeteksi infeksi Covid-19 varian Omicron.

“Tes PCR yang banyak digunakan terus mendeteksi infeksi, termasuk infeksi Omicron, seperti yang telah kita lihat dengan varian lain. Studi sedang berlangsung untuk menentukan apakah ada dampak pada jenis tes lain, termasuk tes deteksi antigen cepat,” tulis WHO.

Sebelumnya, WHO menyatakan bahwa Omicron yang terdeteksi awal bulan ini di Afrika Selatan, adalah varian yang sangat mengkhawatirkan. Bahkan, WHO langsung mengkategorikan dalam daftar perhatian khusus sebagai Variant of Concern (VOC). (*)