Webinar Batch 1 “ Metodologi Penelitian Kualitatif “ oleh Fakultas Agama Islam (FAI UMI) Makassar

oleh -42 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Fakultas Agama Islam (FAI UMI) Makasar menggelar webinar batch 1 ‘Metodologi Penelitian Kualitati” pada Minggu (24/4/2022).
Dalam Kegiatan Webinar batch 1 metodologi penelitian Kualitatif menghadirkan pemateri Dr.H.Andi Bunyamin, M.Pd. yang juga sebagai Dekan Fakultas Fakultas Agama Islam.
Wahyan Yahya Makatita bertindak sebagai host.

Webinar ini diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa fakultas agama islam, fakultas ekonomi dan bisnis juga berasal dari kampus luar.
Muhammad Syahrul, S.Pd.,M.Pd selaku WD 3 bidang kemahasiswaan dan alumni sekaligus juga penanggung jawab dari program kegiatan webinar ini mengatakan bahwa.

“kegiatan webinar yang dilakukan ini merupakan agenda program kerja dari WD 3 terkait dengan penguatan karakter pada dimensi akademik mahasiswa, selain itu dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan jawaban dari persoalan klasik yang sering di hadapi oleh mahasiswa terkait dengan penulisan proposal dan skripsi khususnya jenis penelitian kualitatif, maka kegiatan ini merupakan upaya untuk memberi pemahaman awal kepada mahasiswa FAI tentang dasar dasar metodologi penelitian kualitatif yang baik dan benar.” Katanya.

Sementara itu, Dr.H.Andi Bunyamin, M.Pd. Selaku pemateri mengatakan, untuk menulis proposal penelitian dan skripsi harus memahami betul akar persoalan yang ada di lapangan agar tidak salah dalam menentukan metode penelitiannya. Selama ini mahasiswa mengalami gap dalam menulis proposal ataupun skripsi, Mahasiswa selalu berangkat dari judul terlebih dahulu baru kemudian mencari masalah dilapangan.”

Selain itu juga dikatakan bahwa metodologi penelitian kualitatif sebenarnya bukan seperti yang kita bayangkan bahwa metode ini adalah yang paling mudah digunakan dalam penelitian, padahal sesungguhnya metode ini membutuhkan time, tenaga, dan pikiran yang banyak.”

Kegiatan yang dilakukan ini mendapatkan sambutan hangat dan antusiasme yang tinggi dari para peserta, ini dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan baik secara lansung maupun melalui chat. Bahkan salah seorang peserta berharap bahwa kegiatan seperti ini harusnya lebih aktif dilakukan oleh pihak fakultas agama islam agar mahasiswa(i) lebih paham lagi tentang metodologi penelitian kualitatif.

Terkahir Wahyan yang bertindak selaku moderator juga menyampaikan bahwa insya allah akan ada lagi kegiatan webinar batch 2 “metodologi penelitian kualitatif”.