Hindari Muatan Berlebihan, Andi Iwan Aras Minta Kemenhub Pastikan Keselamatan Pemudik

oleh -44 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS -Wakil Ketua Komisi V DPR RI bidang infrastruktur dan perhubungan Andi Iwan Darmawan Aras meminta Kementerian Perhubungan memastikan keselamatan pemudik.

Baginya keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama.

Untuk itu ia meminta Kemenhub, menekan angka kecelakaan pada mudik lebaran 1443 hijriah tahun ini.

Ia berharap fasilitas penunjang harus betul-betul diperbaiki.

“Kita berharap semua fasilitas bisa memberikan layanan maksimal kepada masyarakat kita dalam mudik lebaran,” kata Andi Iwan kepada wartawan Senin (25/4/2022).

Legislator Fraksi Gerindra itu tidak ingin ada tranportasi yang melebihi muatan dalam mudik lebaran.

Selain kelayakan moda transportasi, fasilitas kesehatan harus lengkap.

“Catatan yang penting adalah soal keselamatan terutama angkutan laut, kita menginginkan penyebrangan menggunakan kapal yang memang layak dan kemudian memenuhi dasar dasar keselamatan dan fasilitas kesehatan,” katanya.

Hal itu, kata Andi Iwan berisiko menimbulkan kecelakaan. Sehingga harus diminimalisir sejak awal.

“Jangan sampai kemudian terjadi lagi yang namanya overload yang bisa berdampak pada risiko keselamatan penumpang,” katanya.

“Jangan sampai karena penumpang terlalu banyak kemudian faktor keselamatan itu diabaikan. Kita ingin mudik lebaran ini bisa menekan angka kecelakaan,” lanjutnya.

Anggota DPR RI dua periode itu turun mengecek kesiapan kendaraan mudik di Terminal Regional Daya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (23/4/2022) malam kemarin.

Ia didampingi Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat Wilayah XIX Provinsi SulselBar, Suria Abdi, Kepala Dishub Makassar, Iman Hud, dan Direktur PD Terminal Makassar, Risal.

Andi Iwan melihat, ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi.

Baik itu di jalur udara, darat maupun laut. Pihaknya pun langsung melakukan komunikasi kepada Dirjen Perhubungan.

“Memang ada beberapa hal yang perlu dibenahi kita sudah sampaikan kepada Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen perhubungan darat, Dirjen Perhubungan laut hal yang perlu disikapi dan dibenahi, baik itu bandara, pelabuhan, dan terminal,” katanya.

Puncak arus mudik Lebaran diprediksi akan terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hilal atau bulan baru pertanda Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah akan terlihat pada Minggu 1 Mei sore. (*)