Study Tour Prodi Bahasa Inggris D3 Fakultas Sastra-ABA UMI ke Toraja

oleh -74 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Puluhan Mahasiswa Prodi bahasa Inggris Diploma-III Fakultas Sastra & ABA UMI Makassar melaksanakan Field Practice di Tana Toraja dan Toraja Utara. Kegiatan ini di gelar 13-15 Mei 2022.

Study Tour ini sebagai bentuk praktikum mata kuliah English For Tour Guide yang dikemas 40 persen teori dan 60 persen praktek seperti yang berlaku pada sekolah-sekolah pariwisata (Akademi Pariwisata, Politeknik Pariwisata, dan Sekolah Tinggi pariwisata).

“Trip dan eksplorasi yang menjadi pilihan mahasiswa adalah Tana Toraja & Toraja Utara sebagai destinasi wisata yang masuk 10 besar destinasi wisata Indonesia. Lokasi yang paling dekat dan paling terjangkau dan berada di Sulawesi Selatan,” kata Ketua Prodi Bahasa Inggris Diploma-III, Dr.Muhammad Yunus, dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Tujuannya utamanya adalah memperkenalkan tradisi, budaya dan alam Toraja yang unik dan pemandangan alam yang indah yang masuk pada pasar Eropa dan Amerika.

“Study tour ini dilakukan guna memberi ruang lapangaan setelah kuliah melalui aplikasi Zoom yang kurang lebih tiga bulan lamanya,” jelasnya.

Dr.Muhammad Yunus, M.Pd., berpesan agar semua bisa menggunakan Bahasa Inggris seoptimal mungkin selama tiga hari, atau coming to the English days.

“Kegiatan ini momentum mahasiswa membiasakan diri berkomunikasi bahasa Inggris selama tour,” paparnya.

Tour ini dipandu oleh Dosen Pengampuh Mata Kuliah, Burhanuddin, SS.,M.Pd yang juga didampingi Bapak Abdul Majid S.Sos., M.Si. Wakil Dekan III Fakultas Sastra UMI.

Mahasiswa sangat antusias dalam menup, meskipun terkadang merasa malu jika terpaksa menggunakan bahasa Indonesia, seringga Code-mixing atau campur code yang diamati seperti; I forget to say Patung in Bahasa Inggris, do you remember kuburan that we saw this morning?, Oww…..this pemandangan alam is so beautiful, be careful pak sopir…ada longsor!, we always lewat along pinggir sungai saddang today, kran air in my room no work well dan sebagainya. Program ini merupakan bagian dari Edu-Tourism yang lebih tren dipakai di jaman milenial.

Mata kuliah English for Guide atau a tour Guide pada perkuliahan teori meliputi; tehnik guiding, paket wisata, market resources, tour packaged, ilmu bumi pariwisata (tourist objecs), tour itinerary, guide order, istilah2 pariwisata, motif pariwisata, organisasi pariwisata, amazing facts (ciri2 khas wisatawan dari Negara yang berbeda), mengenal Indonesia dan objek2 wisatanya seperti , Melihat makam para bangsawan Gua Lemo, Buntu Burake dan meniti jembatan kaca terpanjang di Indonesia, Kete Kesu, Kompleks Megalit Kalimbuang Bori Mengunjungi negeri di atas awan Tongkonan Lempe Lolai, dan berbagai landscape lainnya.

 

Harapan Pak Majid dan Pak Bur kegiatan ini sustainabel menjadi program unggulan fakultas Sastra dan ABA UMI, sinergi semua program studi bisa melakukan Study tour dengan istilah Edu-Tourism, terampil berkomunikasi sambil tour, bahasa Indoensia, Inggris dan Arab, mengenal budaya masyarakat pada destinasi wisata sambil tour, dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan setelah mendapat Ijin dari Wakil Rektor III UMI bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan dukungan Surat Rekomendasi dari Dinas Kebudayan & Kepariwisataan Sulawesi Selatan. Juga mendapat dukungan dari Ketua kegiatan dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Sulawesi Selatan (GIPI) bapak Suhardi, S.Pd (Penerima Satya Lencana di Bidang Kepariwisataan Tahun 2021).