Pilkada Mampu Bangkitkan Sektor Ekonomi dan UMKM

oleh -110 views
oleh

UPDATESULSEL- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian  mengatakan, Pilkada 2020 yang berlangsung di 270 daerah akan mampu membangkitkan sektor ekonomi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Menurut dia, pilkada menjadi program padat karya yang akan memperkuat daya beli masyarakat.

“Anggaran dari APBD lebih kurang Rp 15 triliun, kemudian dari APBN Rp 5 triliun, kalau ditambah dari kontestan tentu akan keluar biaya untuk Pilkada ini lebih kurang Rp 20 triliun, akan tersebar 60 persen untuk insentif penyelenggara,” ujar Tito dalam siaran pers, Rabu (22/7/2020).

Hal itu disampaikan Tito pada Rapat Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, yang dipimpin oleh Menko Perekonomian, Selasa. Menurut Tito, dana pilkada yang bersumber dari APBN dan APBD berdampak pada penanganan Covid-19 dan memulihkan UMKM.

Tito menyebutkan, anggaran pilkada sebesar 40 persen akan digunakan untuk membeli alat pilkada maupun penanganan Covid-19 seperti masker. Dengan demikian, dana pilkada akan mengalir ke pelaku UMKM, sekaligus bermanfaat dalam upaya pengendalian Covid-19 karena pemenuhan alat pelindung diri (APD).

Tito lagi-lagi berkesempatan meminta para calon kepala daerah menggunakan alat peraga kampanye (APK) berupa masker dan hand sanitizer. Tito memperbolehkan APK berupa masker dan hand sanitizer dengan foto kandidat kepala daerah.

“Bahkan kontestan sudah kita minta, boleh menggunakan alat peraga (kampanye) berupa masker atau hand sanitizer dengan gambar mereka atau nomor pilihan mereka, sehingga ini akan menimbulkan gerakan masif,” kata Tito.

Padahal, APK berupa masker dan hand sanitizer belum diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang kampanye maupun PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Covid-19. Pasal 61 PKPU 6/2020 menyebutkan, APK yang dibuat atau dicetak KPU meliputi baliho, billboard, atau videotron, umbul-umbul, dan spanduk, dengan ketentuan jumlah masing-masing. (Kiki)