Peringatan Dini BMKG : 20-23 Februari Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah di Sulsel

oleh -5 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Kota Makassar mengeluarkan peringatan dini bagi sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan.

Peringatan dini berupa curah hujan yang tinggi disertai petir dan angin kencang ini berlaku dari tanggal 20 Februari hingga 23 Februari 2022 mendatang.

Untuk wilayahnya sendiri akan berlangsung di Sulawesi bagian barat yakni meliputi Kota Parepare, Kabupateb Barru, Maros, Kota Makassar dan Takalar.

Sementara untuk wilayah bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng dan Gowa, sementara untuk wilayah selatan dan timur meliputi Kabupaten Bone, Jeneponto, Bantaeng, Sinjao, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

Selain itu, masyarakat dihimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan spermonde Makassar, perairan Kepulauan Selayar dan laut Flores.

Dalam rilisnya, BMKG mengatakan curah hujan yang tinggi ini diakibatkan oleh MJO (Madden Julian Oscillation) yang aktif di kuadran 3 dan bergerak menuju kuadran 4 dan 5 (Maritime Continent).

Pihak BMKG pun menghimbau masyarakat agar selalu waspada bila beraktifitas di luar ruangan, terlebih waspada terhadap angin kencang yang bisa mengakibatkan pphon tumbang di wilayah perkotaan.