Partai Golkar Beberkan Kriteria Cawapres Pendamping Airlangga Hartarto

oleh -109 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Partai Golkar sudah memastikan mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024. Kini partai berlambang pohon beringin sedang mencari calon wakil sebagai pendampingnya.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu Pusat Partai Golkar Zainudin Amali mengatakan, ada beberapa kriteria yang akan menjadi pendamping. Pada prinsipnya antara Airlangga Hartarto dengan calon pendamping bisa saling mengisi. “Kemudian ada chemistry dengan capres kami, sebab kalau tidak, susah untuk jalan,” katanya saat Konsolidasi Pemenangan Presiden 2024 di Yogyakarta, Minggu, 23 Januari 2022 malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga ini menyebut kriteria lainnya calon wapres yang dipilih memiliki basis massa yang kuat. “Tujuannya untuk bisa menambah apa yang sudah kita punya,” imbuhnya.

Kriteria lain yang tidak kalah pentignya yakni memahami tugas dan tanggungjawab sebagai calon wakil presiden. “Jangan sampai tiba-tiba ada yang sebagai cawapres tetapi bergaya seperti capres. Tentu itu tidak akan baik bagi perjuangan kami nantinya,” jelasnya.

Saat disinggung, sosok seperti kriteria yang dicari, Zainudin Amali belum bersedia menyebutkan namanya. “Kami belum bisa menyebut siapa, tetapi dari kriteria tadi punya kecocokan, punya visi yang sama tentang bagaimana memandang Indonesia ke depan, yang paling penting itu,” paparnya.

Menurut dia, jika ada perbedaan cara memandang Indonesia tentu tidak bisa dipilih sebagai cawapres. Pasalnya Partai Golkar adalah partai tengah yang sangat menjunjung pluralisme, NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. “Itu jadi syarat utama bagi kita untuk memilih calon pasangan,” katanya.

Lebih lanjut dia mengapresi banyak relawan di luar Partai Golkar yang mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto. “Jujur ini suprise bagi kami. Deklarasi muncul di berbagai tempat relawan-relawan muncul, kita cek siapa ternyata bukan kader kita. Tentu ini perkembangan yang sangat baik sangat positif,” ungkapnya. (*)