None-Zunnun Jadi Bahan Pembicaraan Serius di Pilwali Makassar, Pakar : None-Zunnun Penantang Paling Serius

oleh -698 views
oleh
Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Armin NH (IMUN)

UPDATESULSEL-  Kehadiran tokoh muda Kota Makassar, Andi Zunnun Armin NH maju mendampingi, Irman Yasin Limpo pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar menjadi buah bibir di berbagai kalangan masyarakat.

Pasalnya, Zunnun selain politisi muda akan mendampingi, Irman Yasin Limpo (None) yang juga memiliki pengalaman birokrasi yang baik di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua pasangan ini juga mempersatukan dua keluarga besar di Sulsel antara Syahrul Yasin Limpo dan Nurdin Halid.

Pakar Politik Universitas Hasanuddin (UNHAS), Sukri menjelaskan kehadiran, Andi Zunnun bisa menjadi kekuatan besar bersama, None memenangkan Pilwali Makassar. Sebab, Zunnun banyak diterima oleh pemilih milenial termasuk pemilih perempuan dan beberapa golongan pemilih lainnya di kota Makassar.

“Menurut saya, dalam hal pilkada da keterpilihan kandidat, dua aspek tersebut memang akan saling mempengaruhi, meski faktor sosok kandidat cenderung masih menempati posisi penting dalam hal potensi keterpilihan. Cukup antusiasnya beberapa segmen masyarakat terhadap pasangan None-Zunnun, terutama terkait dengan keberadaan Andi Zunnun Armin sebagai bakal calon kandidat wakil walikota tentu merupakan modal awal yang baik. Antusiasme tersebut paling tidak menunjukkan popularitas kandidat,” kata Sukri, Rabu (22/7/2020).

Dari segi elektabilitas, None dan Zunnun tidak sulit menaikkan popularitas keduanya. Sebab, koalisi Golkar, PAN, ditambah bergabungnya PKS akan menjadi ancaman bagi para lawan, None-Zunnun di Pilwali Makassar. Bakhan, campur tangan keluarga besar, Syahrul Yasin Limpo dan Nurdin Halid akan menambah kekuatan kedua pasangan ini untuk memenangkan Pilwali Makassar.

“Namun kondisi tersebut masih membutuhkan kerja Tim sukses untuk mengubah popularitas tersebut menjadi potenasi elektabilitas. Nah pada titik inilah perpaduan tiga Partai politik dan dua sosok tokoh politik berpengaruh (Syahrul Yasin Limpo dan Nurdin Halid) di belakang pasangan ini menjadi modal utama berikutnya. Jika kedua tokoh, Syahrul Yasin Limpo dan Nurdin Halid akan all out mendukung pasangan ini, maka tentu saja pasangan ini akan menjadi salah satu penantang serius dalam pilkada kota makassar 2020,” ungkap Sukri. (wan)