None Siapkan Layanan Administrasi Kependudukan Maksimal Satu Kilometer Dari Rumah

oleh -120 views
oleh

UPDATESULSEL – Irman “None” Yasin Limpo sudah menyiapkan sejumlah program prioritas yang akan dilakukan jika diberi amanah memimpin Kota Makassar. Salah satunya, menyiapkan layanan administrasi kependudukan maksimal satu kilometer dari rumah.

Diketahui, None memang dikenal sebagai birokrat yang visioner dan inovatif. Prihatin melihat warga Makassar harus antri berjam-jam di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus administrasi kependudukan, iapun menyiapkan sebuah terobosan.

Persoalan layanan administrasi kependudukan, kata None, masih terpusat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), hingga Akte Kelahiran, warga harus antri berjam-jam.

Menurutnya, sudah saatnya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Persoalan administrasi kependudukan, mereka seharusnya bisa mendapatkannya paling tidak satu kilometer saja dari tempat tinggal mereka.

“Pemerintah itu hakekatnya melayani masyarakat. Kita mau, pelayanan itu mudah, ramah, dan dekat ke masyarakat. Jadi tidak melulu terpusat di dinas,” kata None, Kamis, 27 Agustus 2020.

Ia mengungkapkan, sudah saatnya dilakukan pelimpahan kewenangan di tingkat RT. Tentunya, tetap terintegrasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Tidak perlu lagi antri berjam-jam, datang jam 7 pagi, atau izin di tempat kerja satu hari untuk urus KTP. Pelayanan sudah dekat ke masyarakat,” ujarnya.

None mengaku banyak menerima keluhan dari warga terkait pelayanan administrasi kependudukan. “Kita harus memastikan, semua warga tak terkecuali, bisa mengakses pelayanan yang disiapkan oleh pemerintah,” imbuhnya. (*)