Kemenkop UKM Dorong Pelaku UMKM Sadar Green Economy

oleh -151 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pertumbuhan wirausaha berbasis inovasi sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini. Hal itu bisa menciptakan pelaku UKM yang unggul dan berkelanjutan.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan, pihaknya kini tengah mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kesadaran akan green economy.

“Yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dengan prinsip usaha yang menerapkan dimensi people, profit dan planet,” ujar Teten, seperti dikutip dari Antara, Senin, 27 Desember 2021.

Tak hanya itu, Kemenkop UKM juga terus mendorong startup untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM agar bisa naik kelas. Menurutnya, startup bisa menjadi akselerator majunya UMKM di Indonesia.

Namun, lanjut Teten, diperlukan kerja sama dari berbagai pemangu kepentingan agar bisa mewujudkan rencana tersebut.

“Saya mengajak seluruh stakeholder di sini untuk bisa menciptakan ekosistem keterhubungan rantai nilai hulu hilir dalam skala ekonomi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menkop UKM juga menyatakan, pentingnya kerja sama dengan Korea Selatan. Dia menyebut, kerja sama ini untuk pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah agar memiliki daya saing global.

Menurut Teten, UMKM di Indonesia harus sudah mulai masuk ke produk yang berbasis kreativitas dan inovasi teknologi.

“Korea Selatan termasuk yang saya kira UMKM-nya sangat unggul dan menjadi bagian dari rantai pasok industri nasionalnya,” tuturnya. (**)