Kadis Capil Makassar Imbau Pemudik Tunda ke Kota Daeng Sementara Waktu

oleh -119 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Kota Makassar menjadi tujuan urbanisasi masyarakat daerah pasca mudik lebaran 2023. oleh sebab itu, segala hal telah diantisipasi pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Makassar.

“Mereka yang datang, memiliki beragam maksud dan tujuan. Salah satunya untuk mencari pekerjaan,” kata Kadis Capil Makassar, Muh. Hatim Selasa (2/5/2023), terkait layanan adminduk pasca libur lebaran.

Ia meyakini, pasca lebaran banyak yang bermigrasi ke Makassar. Maka Dia mengimbau warga pendatang untuk menunda ke Makassar jika belum memiliki jaminan pekerjaan.

“Tujuannya agar mereka memiliki kehidupan yang layak. Yang ingin mencoba peruntukan di Makassar seperti pekerjaan,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau sesuai arahan dirjen Kemendagri apabila belum ada pekerjaan yang jelas harapnya ditunda dulu melakukan urbanisasi, berbeda jika ada tempat bekerja.

“Tunda dulu karena berdampak terhadap biaya hidup disini tentu berbeda jika di desa,” saran Hatim.

Hatim memastikan pelayanan telah kembali normal usai hari raya idul fitri. Khusus di kantor Disdukcapil, beroperasi setiap hari.

“Kantor di alauddin kami buka layanan senin sampai Minggu non stop. Kami melayani 24 dokumen mengeluarkan seperti kartu identitas anak, KTP, akte kelahiran, akte kematian, surat pindah dan lainnya,” jelasnya.

Disdukcapil juga mengingatkan para pendatang baru ini untuk tertib administrasi. Dimana yang bersangkutan mengurus surat pindah domisili jika menetap dalam jangka waktu yang lama.

“Pasca lebaran banyak yang bermigrasi ke Makassar, kami ingatkan untuk tertib administrasi tentunya untuk memudahkan apabila dikemudian hari membutuhkan administrasi kependudukan sudah siap. Minset maupun dipakai baru diurus, itulah,” tutupnya.