Ini Makna Nomor Urut 4 Bagi Zunnun

oleh -334 views

UPDATESULSEL– Pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH (IMUN) mendapatkan nomor urut empat di Pilwali Makassar, 9 Desember 2020.

Meski semua nomor di mata pasangan “IMUN” ini baik, tapi angka empat punya banyak makna, baik untuk keduanya maupun bagi Sulawesi Selatan.

Apa makna angka empat di mata pasangan ini? Berikut uraian singkat Andi Zunnun Armin NH usai mengikuti pengundian nomor urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar.

1. APPAKABAJI

APPAKABAJI memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian. Angka dan istilah ini juga pernah digunakan almarhum Ichsan Yasin Limpo saat maju di Pilgub Sulsel 2018 lalu.

2. APPAKALEBBI
APPAKALEBBI atau mappakalebbi merupakan bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati. Istilah ini juga melekat ke IMUN yang dikenal pasangan kaleborasi Bugis Makassar.

3. EPPA SULAPA’
EPPA Sulapa’ memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Sulsel. Mengingat, Eppa Sulapa’ ini memayungi etnis di Sulsel. Bugis, Makassar, Mandar, Luwu/Toraja.

4. ANGKA TERTINGGI
Empat merupakan angka tertinggi dari empat pasangan di Pilwali Makassar. Ditambah lagi, Pilwali Makassar kali ini diikuti empat pasangan.

5. ANGKA KEBERUNTUNGAN
Meski Irmana-Zunnun menempatkan semua nomor baik, tapi bagi sebagian orang, angka empat juga sering dimaknai angka keberuntungan. (Wan)