Ini Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

oleh -122 views
oleh

UPDATESULSEL-  Kanker bisa menyerang siapa saja, baik perempuan maupun pria. Namun beberapa gejala kadang muncul secara berbeda. Oleh karena itu, Adi Husada Cancer Center (AHCC) mengajak masyarakat mengenali gejala kanker pada pria yang sering diabaikan.

AHCC merupakan salah satu pusat layanan kanker terpadu dibawah naungan RS Adi Husada Undaan Wetan. Selama pandemi ini AHCC rajin melakukan edukasi untuk para penyintas kanker melalui daring.

Salah satu yang menjadi fokus edukasi AHCC mengenali gejala kanker sedini mungkin. Umumnya, para pria sering mengabaikan beberapa keluhan kecil pada tubuhnya. Padahal bisa saja keluhan ini adalah awal mula dari gejala kanker.

Adapun beberapa jenis kanker yang banyak terjadi pada kaum pria beserta gejala yang sering diabaikan ialah:

1. Gejala kanker prostat yang sering teejadi pada pria tapi sering diabaikan ialah susah tahan buang air kecil.

2. Gejala kanker paru-paru yang sering diabaikan oleh pria adalah batuk dan nyeri pada dada berkepanjangan.

3. Gejala kanker usus yang sering diabaikan oleh pria adalah sering konstipasi (sembelit).

4. Gejala kanker kulit yang sering diabaikan oleh pria adalah munculnya bercak dan benjolan pada kulit.

Maka dari itu penting bagi pria sejak dini menerapkan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, olahraga teratur, tidak mengkonsumsi alkohol, dan melakukan screning sejak dini.

Screning yang bisa dilakukan antara lain, PSA (Prostate Specific Antigen), MRI, Kolonoskopi, CT Scan, Biopsi. Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter AHCC untuk menentukan jenis screning yang tepat untuk gejala yang anda alami. (Kiki)