Fatmawati Rusdi Sampaikan Program Responsif Gender Pemkot Makassar di APMCDRR Australia

oleh -16 views

UPDATESULSEL.NEWS – Asia Pacific Ministerial Conference on disaster risk reduction (APMCDRR) 2022 telah memasuki hari ketiga di Brisbane Australia, 21 September 2022.

Kali ini, Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Perempuan (DP3A) Makassar, Achi Soleman, mengikuti kelas Gender Transformative Disaster Risk Reduction.

Pada sesi diskusi, Fatmawati menyampaikan beberapa praktik responsif gender yang telah dilakukan Pemerintah Kota Makassar.

“Selain dalam hal perencanaan dan penganggaran, dilakukan pula mitigasi pencegahan dalam bentuk intervensi dini bagi kelompok rentan (disabilitas, perempuan,lansia dan anak),” ujarnya.

Mitigasi tersebut, lanjutnya, berfokus dengan kegiatan yang mengacu pada kondisi dan faktor resiko penyebab kerentanan perempuan dan anak.

Fatmawati menambahkan bahwa terdapat pula upaya penguatan faktor perlindungan perempuan dan anak lewat Program Jagai Anak’ta.

“Pencegahan dan penanganan kasus perempuan dan anak berbasis masyarakat juga kami lakukan melalui shelter warga,” sambungnya. (*)