Dubes Kroasia Temui Ketua Kadin Sulsel Andi Iwan Aras

oleh -74 views

UPDATESULSEL.NEWS – Duta besar (Dubes) Kroasia untuk Indonesia, Nebojsa Koharovic didampingi Konsulat Kehormatan (Honorary Consul) Kroasia untuk Kota Makassar,

Munafri Arifuddin melakukan pertemuan dengan  Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sulawesi Selatan. Pertemuan yang berlangsung di Hotel Claro Makassar itu, dipimpin langsung Ketua Kadin Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), bersama dengan sejumlah pengurusnya, Rabu (10/11/2021).

Dalam pertemuan itu Nebojsa Koharovic menjelaskan bahwa Kroasia sebagai negara yang bergerak di Industri  jasa dan tourism sekitar 45 persen dan harus bersaing dengan negara di eropa, itulah yang membuat negaranya kuat. Walaupun populasi di  negaranya  setengah dari penduduk di Sulawesi Selatan, tapi perekonomian negaranya sama besar Indonesia.

Ia memberikan saran yang perlu diperkuat di Sulsel adalah pelaku usaha harus berani mengembangkan ekonomi keluar negeri sehingga tidak bergantung kemandirian ekonomi di dalam negara sendiri yaitu Indonesia.

“Kami memberikan saran yang pertama perlu diperkuatkan adalah pelaku usaha harus berani mengembangkan ekonomi usahanya hingga keluar negeri, sehingga tidak bergantung kemandirian ekonomi suatu negaranya atau indonesia sendiri, itulah yang membuat kami maju,” kata Nebojsa Koharovic.

Lanjut dia jelaskan perbaikan SDM juga sangat penting, sehingga mampu bersaing dengan negara lain.
“Kami memperbaiki SDM di negara kami, sehingga mampu bersaing di luar,” Jelasnya.

Nebojsa Koharovic juga menekankan agar bagaimana usaha usaha di Sulsel ini memiliki konektivitas dan presensi dalam dunia digital. Karena menurutnya tanpa memiliki presensi di dinia digital sulit berkompetisi  dengan dunia saat ini.

“Konektivitas  bukan hanya transfortasi dan logistik tapi juga sosial beraktivitas dan bagaimana usaha usaha di Sulsel ini memiliki presensi dalam dunia digital, Karena tanpa memiliki presensi di dunia digital sulit berkompetisi atau bersaing dengan dunia saat ini,”ujarnya

Kehadiranya di Sulsel juga ingin memperkuat perdagangan jasa di bidang pendidikan.

“Bagaiman pemuda pemuda di Sulsel dapat dikirim ke kroasia belajar tentang teknologi sehingga ilmunya dapat digunakan di Sulsel. Bukan ilmu sosial tapi ilmu terapan, yaitu ilmu yang dibutuhkan dalam dunia industri sesuai dengan kebutuhan kerja,” tururnya.

Ketua Kadin Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, menyambut baik kehadiran besar (Dubes) Krosia untuk Indonesia, Nebojsa Koharovic yang telah nenawarkan kerjasama dalam berbagai bidang, diantaranya bidang industri perdangan dan pariwisata termasuk pengembangan pembuatan produksi film

“Kita juga menawarkan industri industri kreatif dan apa yang cocok potensi sumber daya alam ada di Sulsel untuk dibawa ke Kroasia seperti pertanian. Pertemuan ini akan kami bahas lebih lanjut,” ucap Andi Iwan Aras. (*)