DPR Dorong Media Massa Awasi Kinerja Pemerintah Daerah

oleh -82 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra mengimbau kepada media massa, termauk siaran lokal turut mengawasi jalannya pemerintahan di daerah.

Misalnya, kata Bagus, terkait pariwisata. Media siaran lokal dapat mendalami bagaimana peran dinas pariwisata daerah dalam mengangkat destinasi wisata baru.

“Saya juga ajak teman-teman media semua untuk dapat menjadi media pemerhati lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Sudah seharusnya kita berhenti mengeksploitasi alam berlebihan. Pantai dan hutan harus tetap lestari dan mampu menyejahterakan masyarakat banyak,” katanya dalam keterangan pers, dikutip pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Pria yang akrab disapa Gus Adhi ini juga mendorong, supaya media siaran lokal dapat menyajikan berita yang jernih khususnya terkait isu-isu yang ada di daerah masing-masing. Media siaran lokal juga diharapkan dapat mendorong aspirasi dari masyarakat setempat agar sampai ke pemerintah. “Harapan saya, peran media hadir dalam menyalurkan aspirasi dan melakukan kontrol terhadap pemerintahan,” ujarnya.

Gus Adhi berpendapat, banyak sektor isu yang patut mendapat prioritas untuk diliput. Untuk Bali contohnya, isu seputar industri pertanian yang sudah lama tenggelam di balik industri pariwisata.

“Ketika kondisi ini (pandemi Covid-19) kita bersandar pada pariwisata, namun, tiangnya malah tengah rebah. Kita tidak peduli terhadap pertanian, selama ini hanya sorotan kamera saja,” tandas dia.

Padahal, lanjutnya, jika menilik lebih jauh lagi industri pertanian yang kokoh dapat turut menyokong sektor pariwisata. Ia mencontohkan, dengan adanya pertanian maka sebuah konsep desa wisata tentu dapat dikembangkan. (*)