DP Tinggalkan Golkar tanpa Alasan Hingga Sentil Petinggi NasDem, Pakar: Publik Akan Paham Karakter dan Tidak Komitemennya DP

oleh -2,354 views
oleh
Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (DP)

UPDATESULSEL- Beredarnya rekaman video  bakal Calon Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Danny Pomanto (DP) yang menyinggung bahkan mengusik nama ketua DPW NasDem Sulsel.Rusdi Masse m, sekertaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif dan beberapa nama lainnya.

Didalam rekaman tersebut, DP menyinggung dinamika dukungan, NasDem kepada dirinya untuk maju sebagai bakal calon Walikota Makassar, pada pelaksanaan Pilkada Kota Makassar,  9 Desember mendatang.

Pakar politik UNHAS, Lukman Irwan menjelaskan narasi rekaman video, merupakan pukulan tersendiri bagi, DP. Sebab saat ini, DP meninggalkan partai Golkar tanpa alasan atau meninggalkan partai Golkar dengan cara sepihak.

“Narasi yang terungkap dalam video ini, sesungguhnya menjadi pukulan balik bagi pak DP dari proses yang kemudian diinterpretasi meninggalkan partai golkar secara sepihak. Sehingga pastinya sgala relasi komunikasi yang terbangun antara pak DP dan partai golkar pada beberapa momen sebelum pecah kongsi ini terjadi dapat menjadi nilai minus dan pukulan telak bagi pak DP,”  kata Lukman Irwan, Kamis (2/7/2020).

Lukman Irwan menambahkan, beredarnya rekaman video tersebut harus menjadi pembelajaran bagi, DP untuk kemudian mengintropeksi dirinya dalam membangun komunikasi politik.

“Pak DP harus menjadikan momentum ini sebagai bahan pembelajaran dan introkspeksi diri bahwa dalam proses membangun dan melakukan komunikasi politik dengan kelompok-kelompok partai politik manapun harus mampu menjaga sikap dan narasi statement. Sehingga, apa yang diungkapkan dan dibicarakan selama proses berjalan tidak menjadi pukulan balik di kemudian hari,” tambahnya.

Video tersebut, bagi Lukman Irwan meyakini akan mengkaji video, DP tersebut. Sebab, bisa jadi dengan beredarnya video tersebut membuat kader partai NasDem di kota Makassar tidak menerima DP secara baik sebagai bakal calon Walikota yang akan mereka menangkan.

“Dengan beredarnya video ini, sesungguhnya menjadi ujian tersedniri seberapa kuat hubungan relasi yang sudah terbentuk antara partai NasDem dan pak DP. Karena partai NasDem pastinya akan melakukan kajian seberapa besar dampak setelah beredarnya video ini terhadap tingkat penerimaan kader-kader internal partai nasdem terhadap figur pak DP sebagai figur usungan di pilkada. Apalagi didalam video menyentil person-person yang menjadi figur elit partai dan seberapa besar juga dampaknya terhadap kekuatan elektoral dari pak DP sendiri setelah video ini beredar,” ungkap, Lukman Irwan.

Video, DP tersebut yang mana menyentil petinggi partai NasDem baik di tingkat Provinsi maupun di tingkatkan pusat. Bagi, Lukman Irwan adalah hal yang merugikan bagi sosok, DP untuk menghadapi pilkada Makassar.

“Setelah beredarnya video ini, sesungguhnya menjadi narasi yang sangat merugikan bagi person pak DP. Karena publik akan membaca dan menginterpretasi seperti apa model karakter dan gaya komunikasi pak DP,” jelas Lukman Irwan.

Lukman Irwan menuturkan dalam pedoman hidup adat Bugis Makassar, perilaku adalah ssebuah keharusan untuk dimiliki dalam karakter seorang pemimpin. Artinya, pemimpin harus memiliki komitmen yang patut untuk dipercaya oleh publik.

Dalam bugis makassar telah ada pedoman menyangkut tuntunan perilaku yang seharusnya menjadi karakter seorang pemimpin. Ada sikap sipakatau, sipakalebbi dan sombere untuk semua orang. Apa yang nampak dalam video ini yang diperlihatkan oleh, DP menjadi kebalikan dari semua tuntunan perilaku yang ada dalam karakter dan perlaku budaya bugis makassar yang terkenal arif dan luhur yang wajib ditunjukkan oleh seorang pemimpin,” ungkap Lukman Irwan.

Penulis: Amir

Editor: wan