Danny Pomanto Serahkan Zakat ASN Pemkot Makassar ke Baznas

oleh -52 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Selama Bulan Suci Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, beserta jajarannya rutin melaksanakan Salat Subuh berjemaah di pelataran Anjungan Pantai Losari Makassar.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan umat yang tercantum dalam salah satu program Danny-Fatma (Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi).

Untuk pekan ketiga Salat Subuh berjemaah kali ini, Minggu (24/4/2022), Danny menggaungkan manfaat berzakat yang dikemas dalam tema ‘Berzakatki, Salamakki’.

“Berzakatki, salamakki. Sungguh zakat itu sebagai penolong umat dari segala musibah. Saya minta di sepuluh terakhir Ramadan ini, mari kita manfaatkan dengan mengeluarkan zakat terbaik kita,” ucapnya.

Danny pun meminta kepada para masyarakat agar menjadikan zakat sebagai life style. Tak ada paksaan, namun berzakat adalah kewajiban untuk ditunaikan bagi Islam.

Dalam kesempatan ini, Danny menyerahkan langsung zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Makassar ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) senilai Rp142 juta.

Menurutnya, potensi zakat di Kota Makassar sangat besar. Hitungan kasarnya, sekitar 1,2 Juta penduduk Islam mengeluarkan zakatnya senilai Rp100 ribu itu, bisa mencapai ratusan miliar.

Dimana zakat tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang positif, seperti pembangunan sekolah dan fokus pemberian beasiswa bagi anak yang tidak mampu.

Tak hanya itu, Ia juga memberikan paket senyum berkah kepada 6.000 pekerja rentan di Kota Makassar.

“Kebetulan hari ini juga kita wujudkan kerja sama kita dengan BPJS Ketenagakerjaan, dimana seluruh guru ngaji, pemandi jenazah, imam masjid, dan pekerja renta sudah didaftarkan masuk BPJS TK. Dan kemarin ada yang meninggal guru ngaji kita, hari ini kita beri santunan Rp84 juta dari hasil kerja sama kita dengan BPJS TK. Ini bentuk kepedulian Pemerintah Kota Makassar,” sebutnya.

Dengan harapan para pekerja rentan di Kota Makassar merasa terjamin dengan segala risiko pekerjaannya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Wakil Wali Kota Makassar, Sekda Kota Makassar, Kepala Baznas RI, Forkopimda Makassar yang menyaksikan langsung seluruh rangkaian kegiatan termasuk acara penutup, yakni pemberian doorprize berupa motor, TV, dan sepeda kepada jemaah Salat Subuh yang beruntung. (*)