BMKG Rilis Wilayah Indonesia sudah Musim Kemarau April Ini

oleh -47 views
oleh

UPDATESULEL.NEWS –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sejumlah wilayah di Indonesia yang sudah masuk periode musim kemarau, pada April ini. Fase kemarau kering dampak dari fenomena El Nino.

“Dengan adanya prediksi ini El Nino itu aliran massa udara basah dari Indonesia berbalik ke Samudera Pasifik. Jadi yang Indonesia menjadi kering karena aliran massa udara ini bergerak ke samudra pasifik jadi ini lawan dari La Nina,” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita, dalam konferensi pers daring, belum lama ini.

El Nino terjadi karena pemanasan Suhu Muka Air Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

“Pemanasan menyebabkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah sehingga mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia,” terang Dwikorita.

Menurut data BMKG, musim kemarau itu terjadi secara bertahap di Indonesia. Aceh hingga Maluku sudah memasuki musim kemarau pada April ini. Sedangan Juni jadi bulan dengan jumlah wilayah terbanyak yang mengalami kemarau.

Berikut daftar wilayah memasuki musim kemarau:

Aceh bagian timur

Sumatera Utara bagian timur

Riau bagian selatan

Sebagian Nusa Tenggara

Sulawesi Tengah bagian timur

Sulawesi Selatan bagian timur

Sulawesi Tenggara bagian selatan

Sebagian Kepulauan Maluku

Sebagian Maluku Utara