Aksi Penipuan Berkedok Bisa Wisuda Tanpa Kuliah, 9 Mahasiswa Jadi Korban

oleh -595 views

UPDATESULSEL.NEWS – TF alias Feby ditangkap polisi gegara aksi penipuan. Perempuan asal Makassar, Sulawesi Selatan ini, menjanjikan para mahasiswa bisa wisuda tanpa perlu kuliah.

Feby beraksi tidak seorang diri. Dia melakukan penipuan bersama temannya yang mengaku dosen perguruan tinggi swasta di Makassar berinisal Y. Dari aksi keduanya, sembilan mahasiswa menjadi korban.

Kanit Reskrim Polsek Rappocini Makassar Iptu Akhmad Risal mengatakan, pelaku telah diamankan dengan tuduhan penipuan terhadap sembilan mahasiswa yang telah membayar jutaan rupiah.

“Pelaku memberikan janji palsu kepada mahasiswa yang mau wisuda tanpa kuliah,” kata Akhmad Risal yang dikutip dari Limapagi, Kamis, 18 November 2021.

Akhmad mengatakan, kasus ini akan didalami. Diduga kuat, masih ada pelaku lain yang terlibat penipuan dan penggelapan dengan janji manis ‘mahasiswa di Makassar bisa wisuda tanpa kuliah’.

“Diduga masih ada pelaku lain. Pelaku yang diamankan mengaku hanya disuruh. Jadi, pelaku lain masih didalami perannya,” ujarnya.

Kronologi Penipuan Wisuda Tanpa Kuliah

Feby tercatat sebagai salah satu mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar. Dia akrab dengan Y yang diduga dosen tempat Febby kuliah. Keduanya sepakat, mencari mahasiswa yang ingin cepat wisuda tanpa kuliah.

Feby menemukan sembilan korban yang terdiri dari mahasiswa berbagai kampus di Makassar. Para korban yang ingin dibantu pengurusan wisuda tanpa harus kuliah dipayok biaya Rp8-10 juta.

“Para korban diminta untuk menyetorkan uang, ijazah terakhir, transkrip nilai, KRS, KTP, dan pas foto,” tuturnya.

Awalnya para korban percaya terhadap Feby. Namun, setelah menunggu cukup lama wisuda tak kunjung dilakukan. Kecurigaan menyeruak. Seorang korban akhirnya melapor ke Polsek Rappocini.

“Feby sempat menghubungi dan bahkan mendatangi pelaku yang menyuruhnya cari mahasiswa. Tetapi, pelaku inisial Y sudah tidak ada. Rumahnya kosong,” tandasnya. (*)