Wali Kota Makassar Instruksikan Camat hingga RT/RW Antisipasi Penyebaran Omicron

oleh -290 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 varian Omicron, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, memerintahkan Camat, Lurah, dan RT/RW mengambil langkah langkah pencegahannya.

Hal tersebut diungkapkan Danny Pomanto saat menggelar konferensi pers bersama awak media yang dihadiri seluruh Camat, Kepala Dinas Kesehatan, dan Epidemiologi terkait Makassar Recover di Ruang Sipakatau Lantai Dua Balai Kota Makassar. Kamis (3/2/2022).

“Solusi yang harus dilakukan adalah vaksinasi lengkap kalau dalam satu rumah ada satu orang saja yang vaksin itu sama saja tidak berguna, harus lengkap dua dosis,” ucapnya.

Danny meminta seluruh Tim Detektor untuk turun langsung mensosialisasikan serta mengkampanyekan vaksinasi 100 persen lengkap.

Sedangkan untuk sekolah pembelajaran tatap muka, Danny memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan membentuk dokter kelas di setiap sekolah.

“Kalau ada teman kelasnya tidak masuk sekolah, langsung dilaporkan ke command center, supaya diperiksa di rumahnya,” ujar Danny.

“Tim Raika berfungsi maksimal lagi sekarang. Tim 3T (Testing, Tracing, Treatment), untuk Covid Hunter kita perbaiki termasuk vaksinator juga akan diperbaiki lebih cepat,” imbuhnya.

Sementara, Epidemiologi Unhas, Ansariadi, mengatakan, hasil studi baru menjelaskan virus varian Omicron banyak tinggal di tenggorokan, walaupun tidak seperti varian Delta, yang menjangkiti paru-paru, namun masyarakat tidak boleh lengah.

“Perlu ada penekanan vaksinasi, karena dampaknya jauh lebih berat dari mereka yang sudah di vaksin. Seiring berjalannya waktu, kalau sudah 24 bulan efektifnya akan berkurang sampai 49 persen,” ujarnya

Ansariadi menambahkan, studi mengatakan kalau ditambah dengan Booster akan bertambah lagi imunitasnya.

“Suntikan ketiga, yakni Booster naik sekitar 80 persen, tahan terhadap Delta dan Omicron. Sudah diteliti tidak usah khawatir, karena memberi perlindungan yang cukup bagus,” terangnya. (*)