Waspada! WHO Peringatkan Akan Adanya Penyakit Disease X yang Lebih Mematikan dari Covid-19

oleh -187 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pandemi penyakit baru akan kembali datang dan disebut-sebut lebih mematikan dari Covid-19 yakni Disease X.

Penyakit ini diperkirakan akibat jutaan virus yang belum ditemukan dan bisa 20 kali lebih mematikan dibandingkan virus corona, yang menyebabkan 2,5 juta kematian.

WHO pun merekomendasikan adanya vaksin untuk Disease X, dimana diperkirakan pandemi berikutnya bisa mencapai skala yang sama dengan flu Spanyol.

Laporan tersebut menambahkan bahwa dampak buruknya kemungkinan akan jauh lebih besar daripada dampak buruk dari Covid, yang dunia tidak siap menghadapinya ketika penyakit ini menyerang pada awal 2020.

Dilansir dari CNNindonesia, Kate Bingham, yang mengetuai Satuan Tugas Vaksin Inggris antara bulan Mei dan Desember 2020, pandemi Covid-19 masih merupakan salah satu yang baik ditangani meski ada 20 juta kematian akibat virus itu. Namun ia memaparkan disease X juga mungkin terjadi dengan level kematian yang tinggi seperti Ebola.

“Hal ini bukan hanya disebabkan oleh nasib buruk yang terjadi secara acak. Ada tiga faktor utama yang menjadi penyebabnya, yaitu globalisasi, kelebihan populasi perkotaan, dan penggundulan hutan, yang telah menciptakan kondisi ideal bagi virus untuk berpindah antar spesies,” paparnya dikutip dari CNNindonesia.

Untuk itu, Bingham menjelaskan bahwa dunia perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi pandemi berikutnya, salah satunya penambahan dana dalam penelitian Disease X yang disebut lebih mematikan dari Covid, yang menurutnya akan jauh lebih kecil dibandingkan kerugian yang dialami dalam pandemi.

Dikutip dari Mint, istilah Disease X sendiri sebenarnya mengacu pada penyakit yang disebabkan oleh patogen yang tak diketahui pada manusia. Penyakit ini sangat dimungkinkan untuk kemudian menjadi pandemi selanjutnya.

Kemungkinan penyebab Disease X adalah agen baru, baik itu virus, bakteri, atau jamur tanpa pengobatan yang diketahui.

WHO sendiri telah menggunakan istilah Disease X untuk penyakit-penyakit yang tak diketahui sejak tahun 2018. Satu tahun berikutnya, Covid-19 muncul sebagai pandemi baru. (*)