Wali Kota Makassar Bakal Siapkan 5.000 Lorong Wisata Setelah Mutasi Camat-Lurah

oleh -537 views

UPDATESULSEL.NEWS– Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah mempersiapkan program 5.000 wisata lorong sebagai basis kebangkitan ekonomi warga.

Moh Ramdhan “Danny” Pomanto sebagai wali kota bilang, program itu baru bisa dijalankan setelah angka kasus penyebaran covid-19 menurun di Makassar.

“Saya sudah laporan ke Menko (Airlanggaa) bahwa setelah ini (kasus covid) menurun, setelah kita keluar dari level lV kita akan urusi ekonomi,” kata Danny Pomanto, Rabu (25/08/2021).

Dia juga menunggu susunan kabinet barunya untuk memulai program ini. Sebab dalam pelaksanaannya ke depan, dibutuhkan peran camat dan lurah sebagai penggerak di wilayahnya masing-masing.

Ketua RT/RW pun bakal dilibatkan memperkuat konsep rumah bakat bagi anak-anak lorong.

“InsyaAllah secepatnya. Mungkin habis resetting (mutasi) camat-lurah kita jalankan ini pergerakan 5.000 lorong wisata. Karena penyebaran kegiatan ini harus merata,” ucapnya.

Danny Pomanto menjelaskan, jika wisata lorong ini tidak hanya bertujuan untuk peningkatan ekonomi warga. Tetapi juga sarana memperkenalkan sejarah Makassar.

Nama kue dan makan tradisional akan jadi identitas 5.000 lowong wisata.

“Nama lorong akan diberi nama jenis-jenis kue tradisional, semuanya punya cerita. Inilah yang akan dikembalikan sejarahnya dan diedukasi ke masyarakat luas,” terangnya.

“Kami akan beri nama lorong seperti lorong taripang, lorong barongko. Jadi ini sebagai local influencer. Dari sini para wisatawan akhirnya penasaran dan tidak susah mencari di mana kue atau makanan khas terenak. Tinggal sebut nama lorongnya saja,” lanjut Danny Pomanto. (*)