UMKM Terpukul Pandemi, Ini Saran Menkop

oleh -41 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS– Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyebut, kolaborasi menjadi hal yang sangat penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan di masa pandemi. Pasalnya, UMKM menghadapi tantangan yang tidak mudah mulai dari permodalan hingga pemasaran.

Diketahui, berdasarkan survei, 57% UMKM mengaku dalam kondisi buruk, dan 25% hanya bisa bertahan hingga September. Teten pun memperkirakan, ada sekitar 47% yang terancam gulung tikar. Padahal, sektor ini menyumbang 60% PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 90% tenaga kerja.

“Mendorong kemitraan (UMKM) dengan usaha besar. Ini sangat penting, bagaimana industri di Jepang dengan UMKM ambil contoh. Di Indonesia pun juga banyak (bentuk kolaborasi), di mana sektor UMKM lokal sudah banyak yang jadi pemasok Astra misalnya,” terang Teten, dalam webinar daring Katadata dengan Prasetya Mulya bertajuk “Bangun UMKM di Tengah Multikrisis”, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, Teten menuturkan bahwa UMKM saat ini perlu untuk segera bertranformasi ke arah digital agar bisa mengoptimalkan usaha. Sehingga, tak hanya meningkatkan pemasaran namun juga memotong biaya produksi.

“Higt cost industri kita bukan hanya di manufaktur, tapi juga UMKM,” ujar dia. (Kiki)