Tradisi ‘Angngaru’ Sambut Zunnun di Bara-Baraya, Wujud Ikrar Rakyat Menangkan Irman-Zunnun di Pilwali Makassar

oleh -145 views
oleh

UPDATESULSEL-  Bcalon wakil Walikota Makassar, Andi Zunnun Armin NH jawab kerinduan warga kampung Bara-Baraya, kecamatan Makassar, Rabu (19/8/2020) malam. Andi Zunnun Armin NH yang akan berpasangan dengan, Irman Yasin Limpo dijemput dengan tradisi  angngaru (bersumpah) adalah ikrar yang diucapkan orang-orang bangsawan Makassar.

Tak hanya berdiskusi dengan masyarakat di Bara-Baraya, Andi Zunnun Armin NH memutup sekaligus menyerahkan hadiah para juara pertandingan permainan domino masih dalam rangka perayaan HUT RI ke 75 Tahun.

Tokoh masyarakat Bara-Baraya, Aminuddin mengutarakan tradisi angngaru menjemput kedatangan, Andi Zunnun Armin NH sebagai wujud masyarakat Bara-Baraya mendambakan orang Bugis Makassar menjadi pemimpin di kampungnya sendiri.

“Kami sengaja menyambut, Andi Zunnun dengan tradisi angngaru sebagai keinginan kami mencintai dan mendambakan putra Bugis Makassar memimpin kampungnya sendiri. Malam ini kedatangan, Andi Zunnun Armin NH menjawab kerinduan kami. Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun adalah anak Bugis Makassar yang akan mampu membawa banyak kemajuan untuk kota Makassar. Hanya kepemimpinan anak Bugis Makassar yang paham kebutuhan masyarakat di kampungnya sendiri,” kata Aminuddin dalam sambutannya dihadapan, Andi Zunnun Armin NH dan segenap masyarakat yang hadir.

Sementara, Andi Zunnun Armin NH dalam sambutannya menegaskan dirinya yang akan mendampingi, Irman Yasin Limpo bukan pasangan yang dipaksakan untuk berpasangan maju di Pilwali Makassar dengan muatan kepentingan politik dan peribadi. Melainkan dengan komitmen sebagai anak Bugis Makassar yang tulus membangun tanah kelahiran dan kampung halamannya kota Makassar.

“Karena Irman-Zunnun adalah orang Bugis Makassar, maka kami tidak mau jadi pemimpin penjanji dan pembohong. Hanya anak Bugis Makassar yang mampu menjaga siri’ orang Bugis Makassar. Pak Irman Yasin Limpo dan saya bukan pasangan yang dipaksakan maju di Pilwali Makassar dengan maksud kepentingan politik. Awalnya ada yang ingin berpasangan dengan saya di Pilwali Makassar, tetapi dia rupanya menghianat. Orang seperti itu bagaiman jika sudah memimpin kota Makassar akan mengecewakan. Maka saya dengan pak Irman menjunjung tinggi siri’ atau harga diri orang Bugis Makassar. Pak Irman dan saya datang untuk tulus membangun kota Makassar,” ujar Andi Zunnun Armin NH.

Tak mau mengecewakan keinginan masyarakat Bara-Baraya, Andi Zunnun Armin NH berjanji dirinya akan kembali datang menemui warga Bara-Baraya untuk memperkuat silaturahmi dan kekeluargaan.

“Sekali lagi kami mau membangun kota Makassar dengan sifat dan karakter orang Bugis Makassar, yang mana selalu menamakan sikap kejujuran untuk membangun kota Makassar. Jangan kita memilih pemimpin yang dirinya saja dia bohongi. Makassar tidak boleh dirusak, tetapi dijaga,” jelas Andi Zunnun Armin NH.

Dikesempatan, itu pula warga Bara-Baraya Selatan emak-emak (ibu-ibu) kompak meneriakkan ” Tanpa IMUN kita mati, tanpa IMUN kita tak mampu menghadapi virus,”.

Terlihat mendampingi, Andi Zunnun Armin NH yakni ketua Fraksi Golkar DPRD kota Makassar, H. Abdul Wahab Tahir, dan ketua Laskar Ana’Lorongna Makassar, Herlinda Pati. (**)