Tips Cegah Penularan Covid-19 di Perkantoran

oleh -7 views

UPDATESULSEL.NEWS- Kantor menjadi salah satu tempat penyebaran Covid-19. Pandemic Talks memberikan sejumlah tips untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di perkantoran.

Sirkulasi Udara

Covid-19 diketahui bisa menyebar melalui udara. Sehingga, sirkulasi udara yang baik mampu meminimalisir penyebaran virus.

Waktu Rapat

Rapat adalah waktu yang mengundang aktifitas berkerumun dalam satu ruangan. Untuk meminimaliris penyebaran viris, sebaiknya waktu rapat dilaksanakan pada pagi hari sehingga kebutuhan pendingan udara tak terlalu mendesak dan bisa dimatikan. Jendela bisa dibuka agar sirkulasi udara berjalan baik.

Jaga Jarak

Penerapan jaga jarak penting dalam rapat di kantor. Jika ruangan dan peserta rapat tak berimbang, pertemuan bisa dibagi di ruang berbeda atau melalui daring. Durasi rapat juga disarankan tak terlalu lama. Jika berlangsung di dalam ruangan, rapat dilakukan dengan efektif dengan waktu tak lebih dari 30 menit.

Makan dan Minum

Selama rapat, makan dan minum bersama dengan kegiatan melepas masker harus dihindari. Membuka masker menyebabkan kemungkian penularan membesar.

Pakai Masker

Tak lupa, tetap pakai masker di dalam kantor dan selama rapat. Serta, karyawan peserta rapat dipastikan dalam kondisi sehat. Bila ada gejala sakit, karyawan disarankan mengikuti rapat lewat daring.

Waspadai Titik Ini

Sejumlah titik menjadi sumber penularan Covid-19. Antara lain gagang pintu, toilet umum, tombol lift, dispender air, mesin presensi sidik jari, serta ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk. Sejumlah titik itu menjadi sumber penyebaran lantaran bayak diakses oleh penghuni kantor.

Sedangkan ventilasi dan pendingin ruangan berkaitan dengan sirkulasi virus yang bertahan di dalam ruangan tersebut. Sehingga disarankan untuk berhati-hati saat menyentuh barang publik, serta selalu bawa hand sanitizer kemanapun. Usahakan pula untuk tak menyentuh wajah setelah menyentuh barang publik di kantor. (*)