Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Komisi IV Minta BUMN Perkebunan dan Kehutanan Berkolaborasi

oleh -22 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menyampaikan pihaknya di Komisi IV DPR RI bersepakat meminta Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Perum Perhutani, PT Inhutani I, dan PT Inhutani V untuk saling berkolaborasi.

Pasalnya, kolaborasi ini krusial dalam rangka pelaksanaan program strategis pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik di dalam maupun sekitar wilayah kerja perusahaan.

“Kami ingin BUMN bidang perkebunan dan bidang kehutanan meningkatkan kinerjanya, termasuk meningkatkan kualitas hutan dan kebun sebagai aset milik perusahaan. Kolaborasi juga penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di dalam dan sekitar wilayah kerja,” kata Anggia seperti keterangannya pada, Kamis (8/12/2022).

Anggia mengatakan, hal itu pernah disampaikan pada Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan Direktur Utama Perkebunan Nusantara Mohammad Abdul Ghani beserta Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro, Direktur Utama PT Inhutani I Oman Suherman, dan Direktur Utama PT Inhutani V Dicky Yuana Rady di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022) kemarin.

Pada kesempatan itu, Anggia menjelaskan, Komisi IV DPRRI mendorong agar BUMN-BUMN bidang perkebunan dan kehutanan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) berupa sosialisasi program berbasis kemasyarakatan, seperti Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Politisi PKB ini pun berharap dengan rangkaian bimtek ini berkontribusi peningkatan kuantitas dan komoditas perkebunan. Semua itu agar hasil yang diperoleh untuk meningkatkan ekonomi para petani.

“BUMN ini perlu meningkatkan kinerja untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas komoditas yang tinggi dalam mendukung perekonomian negara di sektor perkebunan dengan melibatkan petani dan pelaku usaha,” terang Anggia. (*)