Tim Reaksi Cepat Pramuka Unhas Sigap Bantu Warga Terdampak Banjir

oleh -65 views

UPDATESULSEL.NEWS-  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Hasanuddin mengaktifkan Tim Reaksi Cepat Pramuka Peduli (TRC-PP) untuk merespon bencana banjir yang melanda beberapa titik di Kota Makassar. Pada Senin (21/12), sebanyak 8 anggota TRC-PP turun ke lokasi Banjir di wilayah BTN Antara, Tamalanrea dan sekitarnya.

Ketua Dewan Putra Gugus Depan Pramuka Unhas, selaku Korlap TRC-PP, Andi Syamrullah Makkuaseng, Unit Pramuka Peduli merupakan salah unit Pramuka Unhas. Orientasinya pada pengembangan sumber daya alam, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup.

“Kami melakukan program Pramuka Peduli dengan pendekatan tri bina, yakni bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Jadi, respon terhadap bencana ini merupakan bagian kepedulian kami terhadap masalah sosial yang dihadapi masyarakat,” kata Syamrullah.

Pada setiap situasi darurat, Pramuka Peduli selalu bergabung dengan unit relawan lain atau menyatu dengan posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lokasi. Sementara itu, kami menyiapkan Posko khusus untuk menampung donasi masyarakat, baik berupa pakaian, makanan, obat-obatan, maupun uang tunai.

“Sekretariat Posko Peduli ada di Sanggar Bhakti Pramuka Unhas. Nantinya akan kami serahkan ke daerah yang terkena dampak banjir,” lanjut Syamrullah.

Ketika hujan lebat menerpa Kota Makassar, TRC-PP Unhas segera merespon dengan asesmen terhadap perkembangan situasi. Pada Minggu (20/12) TRC-PP Unhas melakukan pemantauan pada daerah rawan banjir, seperti di Perumnas Antang Blok 8 dan Blok 10. Anggota tim langsung memberikan bantuan di lapangan.

“Tantangan yang biasa kami hadapi dalam kegiatan seperti ini ialah cuaca extrem yang tidak menentu dan kondisi medan, sementara perlengkapan kami seadanya. Untuk proses evakuasi, kami terkendala pada ketiadaan perahu karet, akibat banjir yang cukup tinggi. Untuk itu, kami akan bahu membahu dengan relawan lain,” tutup Syamrullah yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2019 ini.

Sivitas akademika Unhas dengan komitmen humaniversity selalu mengambil bagian dalam mengatasi masalah kemanusiaan yang dihadapi masyarakat. Hal inilah yang menjadi motivasi bagi unit-unit di lingkungan Unhas, termasuk UKM Pramuka.(*/ir)