Terima Laporan Kasus Transmisi Lokal Covid-19 Varian Omicron, Ini Arahan Jokowi

oleh -150 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima informasi terkait kasus transmisi lokal Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Dia meminta jajarannya untuk menyiapkan langkah mitigasi.

Arahan ini disampaikan langsung Presiden Jokowi kepada seluruh jajarannya dalam Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 3 Januari 2022.

Jokowi mengatakan, prosedur mitigasi harus benar-benar disiapkan karena Covid-19 varian Omicron sudah mulai mengancam Tanah Air.

“Sudah terjadi transmisi lokal kasus Omicron sehingga prosedur mitigasi harus betul-betul kita siapkan. Apalagi lagi kita memasuki tahun baru dan di bulan Januari seluruh sektor sudah bergerak dengan aktivitas-aktivitasnya, baik utamanya yang besar yaitu di sektor pendidikan dan perkantoran,” kata orang nomor satu di Indonesia itu.

“Saya ingin ingatkan kembali langkah-langkah yang harus kita lakukan, utamanya mengenai persiapan fasilitas-fasilitas kesehatan yang kita miliki, baik pusat maupun daerah,” lanjutnya.

Presiden juga meminta agar proses vaksinasi Covid-19 terus digencarkan. Meski pada 2021 sudah mencapai target, Jokowi ingin proses vaksinasi di tahun 2022 tetap digencarkan.

“Terus kita kejar sesuai dengan target, sehingga segera bisa menyelesaikan baik dosis satu maupun dosis dua. Karena stok vaksin, (informasi) yang saya terima dari Menteri Kesehatan, betul-betul kita pada posisi yang melimpah,” pungkasnya. (*)