Survei SMRC Unggulkan Jauh Danny-fatma, Pakar Sarankan Appi-Rahman Buat Image Politik yang Santun

oleh -101 views

UPDATESULSEL.NEWS- Lembaga survei nasional Saiful Mujani Recearch & Consulting (SMRC) merilis temuan risetnya di Pilkada Makassar, Rabu (21/10/2020). Hasilnya, pasangan nomor 1, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) sangat jauh mengungguli tiga pasangan lainnya.

Danny-Fatma memiliki tingkat elektabilitas 41,9%. Sedangkan Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-ARB) dan Syamsu Rizal-Fadli (Dilan) bersaing ketat di posisi runner up atau kedua. Selisihnya terpaut tipis. Appi-Rahman 17,8%, dan Dilan 16,6%.

Di posisi ke empat atau terakhir ditempati Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun NH (None), 6,8%. Tidak menjawab atau tidak tahu, tercatat ada 16,9%.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 410 orang yang dilakukan pada 21-25 September. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan plus minus 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Menanggapi hasi survei SMRC, pakar politik Universitas Hasanuddin (UNHAS), Ali Armunanto menjelaskan pasangan Munafri Arifuddin-Rahman Bando harusnya membuat kesan baik untuk masyarakat. Hal tersebut adalah wujud untuk mengejar ketinggalannya dari pasangan Danny-Fatma.

“Sebenarnya tidak sulit dan bisa, kalau mereka mau fokus kamapanye dan meningkatkan elektabilitas mereka. Salah satunya adalah memassifkan sosialisasi dengan berbagai media dan membuat program-program yag mudah diterima dan dipahami masyarakat. Selain itu membuat image politik mereka lebih bisa diterima dengan mudah okeh masyarakat,” ujar Ali Armunanto, Kamis (22/10/2020).

Selain elektabilitas berpasangan, survei lembaga kredibel ini juga memotret tingkat pengenalan dan kesukaan masing-masing kandidat. Popularitas Danny 89% dan tingkat kesukaannya 85%. Disusul Ical 83% untuk popularitas, dan kesukaan 81%. Popularitas Appi 81% dan kesukaan 72%. None 72% untuk popularitas dan 63% tingkat kesukaan.

Sementara di posisi calon wakil walikota, Fatma sangat mencolok. Popularitasnya memang masih di angka 37%, tapi tingkat kesukaannya mencapai 72%. Disusul Fadli Ananda 28% (popularitas) dan 56% kesukaan.

Di posisi ketiga ditempati Rahman Bando. Popularitasnya 27%, dan kesukaannya 61%. Andi Zunnun 11% popularitas dan 29% kesukaan. (Abu)