Survei Populi Center: Ada 6 Parpol Punya Elektabilitas di Atas 4 Persen

oleh -179 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Lembaga survei Populi Center mengungkap hasil terbaru terkait elektabilitas partai politik di atas 4 persen. Hasilnya, hanya ada enam partai yang memiliki elektabilitas di ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

“Hasil temuan survei kali ini, data menunjukan terdapat 6 partai yang mendapat persentase elektabilitas di atas 4 persen,” ujar peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan, Senin 20 Desember 2021.

Adapun enam parpol yang memiliki elektabilitas di atas empat persen yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 20,5 persen. Kemudian Gerindra 13,2 persen dan Demokrat 9,6 persen. Kemudian disusul Partai Golkar 8,3 persen, PKB 8,2 persen dan PKS sebesar 7 pperse

Kemudian menurut Populi Center ada tiga partai yang saat ini menghuni DPR justru memperoleh suara yang kecil dalam survei. Adapun tiga partai itu yakni Nasdem sebesar 3,9 persen, PPP sebanyak 2,8 persen dan PAN di angka 1,7 persen.

Survei Populi Center ini juga mendata suara dari partai yang saat ini tak berada di parlemen. Hasilnya Perindo memiliki suara 1,2 persen, PSI sebesar 0,7 persen, Gelora sebanyak 0,3 persen, PBB sebesar 0,3 persen, Hanura sebesar 0,3 persen, dan Garuda sebesar 0,3 persen.

“Tidak ada responden yang memilih partai Ummat, PKPI, dan Berkarya pada survei kali ini. Sisa angka masuk kategori tidak tahu/tidak jawab,” kata Rafif.

Untuk diketahui survei persepsi masyarakat tentang penanganan covid-19, pelayanan publik dan dinamika politik nasional dilakukan melalui wawancara telepon sejak 1-9 Desember 2021. Sebanyak 1.200 orang menjadi responden.

Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih, yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak 2013-2021.

Kemudian survei dilakukan dengan teknik pengambilan sampel metode acak sederhana dari kerangka sampling. Margin of error survei ini sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)