Stafsus Erick Thohir Minta KPK Periksa Ex-Petinggi Garuda soal Sewa Pesawat

oleh -96 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merespons penyataan mantan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Peter F Gontha terkait dengan biaya sewa pesawat yang dinilai terlalu mahal. Para pejabat tinggi yakni direksi dan komisaris maskapai penerbangan pelat merah yang sebelumnya pun diminta untuk diperiksa.

Sebelumnya, Peter dalam postingan di media sosial Instagram miliknya, mempertanyakan selisih biaya sewa pesawat Garuda dikemanakan. Bahkan Peter juga mengaku sudah menghadap ke Dirjen Kumham dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membahas mengenai permasalahan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, biaya sewa pesawat menjadi salah satu penyebab kondisi keuangan Garuda Indonesia bermasalah. Dengan kesaksian para mantan komisaris dan direksi dapat diketahui permasalahan penyewaan pesawat tersebut.

“Kami sangat mendukung kalau benar Pak Peter Gontha sudah memberikan data mengenai penyewaan pesawa ke KPK. Jadi kita dorong memang supaya mantan komisaris atau mantan direksi pada saat itu diperiksa saja untuk mengecek bagaimana dulu sampai penyewaan pesawat tersebut bisa terjadi,” kata Arya melalui keterangannya kepada awak media, Senin 1 November 2021.

Menurutnya, ancaman kebangkrutan maskapai kebanggan warga Indonesia memang disebabkan karena sewa pesawat yang dilakukan secara ugal-ugalan. Kondisi ini diperburuk dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang memukul dunia penerbangan.

Arya pun mendorong penegak hukum untuk bisa turun langsung memeriksa komisaris dan direksi yang memang bertugas pada saat dilakukannya penyewaan pesawat oleh Garuda Indonesia. Hal tersebut penting agar permasalahan penyewaan pesawat tersebut bisa menemukan titik terang.

“Jadi kalau bisa dorong saja supaya bisa diperiksa komisaris, direksi yang pada saat itu memang bertugas di sana supaya terang benderang,” ucapnya.

Arya menekankan bahwa pihaknya mendukung langkah yang dilakukan oleh Peter Gontha. Karena itu ia juga ingin Peter memberikan penjelasan mengenai penyewaan pesawat. Apalagi dirinya ikut mendatangan mendatangani penyewaan pesawat.

“Support benar apa yang dilakukan Pak Peter Gontha, termasuk Pak Peter Gontha-nya sekalian bisa menjelaskan,” pungkasnya. (*)