Sidang Tahunan, Jokowi: Hilirisasi di Sektor Mineral Terus Dilakukan

oleh -27 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan hilirisasi di sektor mineral terus dilakukan. Jokowi meyakini, hilirisasi tersebut akan berbuah manis bagai rakyat Indonesia.

“Saya pastikan Ini akan berbuah manis pada akhirnya. Terutama bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegas Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, Rabu (16/8/2023).

Jokowi mengungkapkan, sebagai gambaran, setelah pemerintah menghentikan ekspor nikel ore di 2020. Investasi hilirisasi nikel tumbuh pesat kini telah ada 43 pabrik pengolahan nikel yang akan membuka peluang kerja yang sangat besar.

“Ini baru 1 komoditas. Dan jika kita konsisten dan mampu melakukan hilirisasi untuk nikel tembaga bauksit CPO dan Rumput laut,” tambah Jokowi.

Jokowi menambahkan lagi, berdasar hitung-hitungan perkiraan dalam 10 tahun, pendapatan per kapita Indonesia akan capai Rp 153 juta (US$ 10.900).

“Dalam 15 tahun, pendapatan per kapita Indonesia akan capai Rp 217 juta (US$ 15.800). Dan dalam 22 tahun, pendapatan per kapita kita akan capai Rp 331 juta (US$ 25.000),” ungkapnya.

 

“Sebagai perbandingan, tahun 2022 kemarin, Indonesia berada di angka Rp 71 juta. Artinya dalam 10 tahun lompatanya bisa 2 kali lipat lebih, di mana fondasi untuk menggapai itu semua sudah kita mulai, pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang pada akhirnya menaikkan daya saing kita,” papar Jokowi.

Berdasarkan International Institute for Management Development (IMD), daya saing Indonesia di 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34.

“Ini merupakan kenaikan tertinggi di dunia,” kata Jokowi.