Semangat Berkurban, Umat Islam Memiliki Sikap Global

oleh -178 views
oleh

UPDATESULSEL-  Prof Dr H Abuddin Nata MA mengatakan, menjelang Idul Adha umat Islam perlu memperhatikan beberapa hal dalam kaitannya ibadah. Dianjurkan melaksanakan ibadah kurban atau menyembelih hewan ternak yang telah ditetapkan. Sehingga umat senantiasa dekat dengan Allah SWT. Karena arti kurban adalah dekat atau pendekatan.

“Kurban juga mengingatkan agar kita memiliki sikap mau berbagi kepada sesamanya, baik melalui tenaga, pikiran, perasaan, waktu, harta benda, bahkan jiwa dan raga,” tutur Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Abuddin mengingatkan, berdiri, tegak, dan majunya suatu bangsa dan negara karena adanya orang-orang yang mau berkorban.

Lebih jauh dijelaskan, hikmah dan pelajaran yang terkandung di dalamnya. Di antaranya, setiap muslim harus berkeinginan dapat menunaikan ibadah haji.

Pelaksanaan haji, lanjutnya, mengandung hikmah agar umat Islam memiliki sikap global, mendunia, serta sikap bersaudara, tolong menolong, simpati dan empati, tidak hanya kepada tetangga sekitar atau teman satu negara saja, tetapi dengan berbagai bangsa lain.

“Saat beribadah haji kita berjumpa saudara-saudara kita yang datang dari berbagai macam belahan dunia,” katanya saat khutbah sholat Idul Adha 1440H di lapangan kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, pada Ahad, 11/8/2019.

Menurutnya, ibadah haji juga mengajarkan agar umat memiliki wawasan mendunia dan global. Untuk itu bahasa, adat istiadat, budaya dan lainnya yang dimiliki bangsa-bangsa tersebut agar diketahui sehingga dapat diambil manfaatnya bagi kehidupan.

Dia menjelaskan hikmah dan pelajaran Kedua dari ibadah haji ialah setiap jamaah wajib melaksanakan wukuf di padang Arafah, melontar Jumrah, thawaf, sai dan tahalul, dengan tujuan agar mereka sebagai manusia semakin mengenal Allah SWT dan dirinya sendiri. (*)