Selain Warung Kopi, Swab On The Road di Makassar Sasar Toko Besar

oleh -101 views

UPDATESULSEL.NEWS– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menekankan agar pelaksanaan Swab On The Road tidak hanya menyasar warung kopi (warkop).

Dia memerintahkan tes swab di tempat ini, juga menyasat pusat keramaian atau tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan lainnya.

“Ini juga sesuai permintaan masyarakat kok. Saya selalu merespons permintaan masyarakat baik itu permintaannya, misalnya mengkritisi saya sudah menyesuaikan. Tadi juga saya kritisi jangan mengutamakan warkop. Prinsipnya tempat kerumunan, bukan hanya warkop,” pungkasnya, Kamis (26/08/2021).

Tempat keramaian itu, kata dia, seperti pusat perbelanjaan. Misalnya Alaska, Bintang dan kawasan Kuliner Lego-lego di kawasan CPI Pantai Losari.

Pelaksanaan swab on the road ini ditekankan kepada Satgas Pengurai Kerumunan (Raika).

“Toko-toko besar lainnya juga yang berpotensi kerumunan. Jadi bukan warkop yang spesifik, tempat orang berkerumun bisa di Lego-lego, bisa di pantai losari, bisa di satu dua, bisa di bintang,” tandasnya.

Langkah ini diambil, juga kata Danny Pomanto agar tidak menimbulkan opini ketidakadilan bagi pengusaha warkop.

“Jangan seolah-olah kita serbu warkop, tidak begitu. Tapi coba balik, kalau pun ada di warkop baru semuanya negatif kan warkopnya bisa terkesan bahwa di sini minum kopi tanpa corona,” ujarnya.

Terpisah, Plt Kasatpol PP, Muh Iqbal Asnan menyebutkan, akan menurunkan tiga regu Satgas Raika untuk menjalankan swab on the road di pusat keramaian.

“Pokoknya banyak anggota dilibatkan,” singkatnya. (*)