Selain Hadiri Hut Kota Makassar 414, Pengurus HMI Cabang Makassar Ziarah ke Makam Raja Tallo

oleh -118 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pengurus Himpunan Mahasiswa (HMI) Cabang Makassar, Muhammad Arsy Jailolo terus menjalin kalaborasi untuk menjaga nama baik orang organisasi yang dipimpinan.

Salah satu adalah menghadiri hari jadi Kota Makassar memperingati hari jadinya ke 414 tahun, Selasa, 9 November 2021 di Anjungan Pantai Losari.

Selain itu, Pengurus HMI Cabang Makassar juga, berziarah ke Makam Raja-raja Tallo yang merupakan pendiri Kota Makassar.

“Kita ketahui Karaeng Loe Ri se’ro yang merupakan anak Raja Gowa Tunatangka Lopi. Dimana Karaeng Loe Ri Se’ro hijrah ke pesisir utara Makassar dan mendirikan Kerajaan Tallo, sebagai cikal bakal peradaban di Kota Makassar,” kata Muhammad Arsy Jailolo, Rabu (10/11/2021), bertepatan hari pahlawan.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan Pengurus HMI cabang Makassar ini adalah untuk memberikan semangat spirit kesejarahan bagi seluruh kader HMI Cabang Makassar untuk dapat mentadabburi perjuangan masa lalu para pendahulu.

“Apalagi berdirinya kota Makassar terdapat semangat keislaman di dalamnya. Kita ketahui 9 November 1607 adalah momentum sholat Jumat pertama yang dilakukan oleh I Malingka’an Daeng Manyonri Karaeng Matoayya Sultan Abdullah Awalalul Islam, yang merupakan raja di Makassar yang pertama kali memeluk Islam melalui Dakwah Dato’ Ri Bandang seorang ulama dari tanah Minang,” pungkas Muhammad Arsyi.

“Sedangkan Makassar berasal dari kata Mangkasarak, yang berasal dari akkasarak (menampakkan diri), atau akkasarakki nabbiya (Nabi Menampakkan diri),” sambung dia mengutip berbagai sumber. (*)