SBY Singgung Penguasa Politik, AHY sebut Kudeta di Demokrat

oleh -163 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS- Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhyono (SBY) memberi peringatan kepada para pemegang kekuasaan politik kalau ada banyak cara berpolitik yang lebih bermoral dan lebih beradab. Hal ini dikutip dari kicauan SBY di Twitter.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu pun bilang ada tiga golongan manusia, yaitu “the good”, “the bad”, & “the ugly”. Kalau tidak bisa menjadi “the good” janganlah menjadi “the ugly”.

Kicauan SBY sontak menuai respons dari warganet. Sampai berita ini ditulis, sudah lebih dari 2,6 ribu retweets dan lebih dari 8,6 ribu warganet yang menyukai kicauan itu.

Setelah sang ayah, giliran Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum menggelar konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Agus Yudhoyono, Senin 1 Februari 2021. Ia mengatakan bahwa ada upaya pengambil alihan kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat. Dalam konfrensi pers tersebut, AHY menyebut ada lima pelaku yang menjadi aktor dibalik gerakan tersebut.

Meski tak menyebut identitas terduga pelaku, AHY mengatakan salah satu aktor tersebut bukan merupakan kader atau mantan kader Partai Demokrat, dan merupakan pejabat penting di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Sebagai informasi, AHY dan Partai Demokrat sudah mengirimkan surat resmi pada Presiden Jokowi tadi pagi sebagai upaya untuk mencari kebenaran informasi yang didapatkannya.

“Tentunya kami tidak mudah percaya dan tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah, presumption of innocence dalam permasalahan ini,” ujarnya. “Karena itu, saya telah mengirimkan surat secara resmi kepada yang terhormat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan konfimasi dan klarifikasi dari beliau terkait kebenaran berita yang kami dapatkan,” pungkas AHY. (*)