Satgas Covid-19 Izinkan PSSI Lanjutkan Liga 1

oleh -94 views

UPDATESULSEL-  Satuan Tugas Covid-19 Republik Indonesia memberi lampu hijau kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 yang sesuai rencana akan diselenggarakan pada Oktober 2020.

Ketua Satgas Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menyampaikan, izin itu diberikan dengan catatan agar operator liga dan seluruh elemen di dalamnya untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, termasuk penerapan physical distancing dengan menggelar pertandingan tanpa penonton.

“Satgas mendukung liga bergulir namun dengan syarat menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, pertandingan harus tanpa dihadiri penonton karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan para penonton, ditakutkan terjadi kontak erat dengan salah satu orang yang terpapar covid-19 yang hadir di stadion,” ujar Doni, Rabu 22 Juli 2020.

Untuk itu, ia berharap PSSI maupun klub bisa mengajak seluruh suporternya untuk menerima keputusan ini dengan menyaksikan pertandingan di rumah. Serta mengajak para figur-figur olahraga untuk menyerukan pada supporter agar mau menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada.

“Dengan mengajak figur-figur tokoh sepak bola diharapkan sosialisasi lebih efektif dan didengar oleh masyarakat, karena mereka dijadikan panutan dan memiliki fans yang banyak,” harapnya.

Doni mengungkapkan, pekan lalu ia berdiskusi dengan suporter Persebaya Surabaya, yakni Bonek Mania ketika melakukan kunjungan kerja di Surabaya. Dalam pertemuan itu, ia senang karena Bonek telah membuat gerakan penanganan covid-19 dengan Gerakan Tri Wani yaitu wani maskeran, wani cuci tangan, dan wani jaga jarak. Serta gerakan bagi satu juta masker di Surabaya.

Dengan gerakan tersebut, kata dia, bukan tidak mungkin dengan cepat penyebaran virus corona bisa segera dihentikan.

Selain itu, pria yang juga Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu akan membantu pelaksanaan swab test bagi seluruh elemen yang ada dalam PSSI agar ketika menjalankan liga dalam kondisi betul-betul sehat.

Sementara itu, Ketua PSSI, Komisaris Jenderal Polisi (purn) Mochammad Iriawan mengatakan, akan menerapkan segala ketentuan untuk bisa kembali melanjutkan Liga 1 dan menjalani agenda Timnas Indonesia, sekalipun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami telah membuat protokol kesehatan dengan bantuan tim dokter dan tim pengkajian di PSSI, dan menganggarkan untuk melakukan swab test, serta diputuskan tanpa adanya penonton di stadion,” tambahnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung penanganan covid-19, PSSI melalui gerakan PSSI Peduli memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak 1.200 yang secara simbolis diserahkan kepada Ketua Satgas Penanganan covid-19. (Kiki)