Sandiaga Uno Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital di Tahun 2023

oleh -5 views

UPDATESULSEL.NEWS- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno mengungkap pemerintah memiliki target untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa mengikuti perkembangan digitalisasi.

Sandi menekankan pemerintah ingin pelaku UMKM bisa Go Digital.

Sandi mengatakan, salah satu upaya mendigitalisasi UMKM ialah melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Melalui Gernas BBI, sebanyak 3,7 juta UMKM bisa Go Digital sepanjang tahun 2020.

“Sehingga total sudah hampir 12 juta UMKM yang telah Go Digital, dan total target 30 juta UMKM di akhir 2023 Insyaallah bisa,” ujar Sandi dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 yang disiarkan daring, Kamis, 23 September 2021.

Sandi mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang memiliki program-program pemberdayaan UMKM. Sandi meminta BI terus menggelar program-program pemberdayaan tersebut.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada BI yang terus tanpa lelah tanpa henti menyelenggarakan kegiatan mendukung UMKM termasuk Karya Kreatif Indonesia, mari kita sinergikan dengan Gernas BBI,” ujar Sandi.

Sandi mengatakan pandemi covid-19 dan revolusi 4.0 membuat semua elemen harus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Kita perlu solusi dan mitigasi dan pemulihan jangka pendek untuk menciptakan stimulus di sisi permintaan dan mendorong digital online. Mari kita tingkatkan kerjasama dalam inovasi dan teknologi,” imbuh Sandi. (*)