Rapimnas KNPI, Amir Uskara dan Enam Tokoh Raih Penghargaan

oleh -133 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Ketua Fraksi PPP DPR RI sekaligus Wakil Ketua Komisi 11 DPR RI, Amir Uskara, raih penghargaan pada puncak malam Penganugrahan DPP Awards 2021.

Tahun  ini Amir menyabet penghargaan sebagai Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda Indonesia oleh Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah.

Raihan tersebut diberikan pada Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) KNPI yang digelar di Grand Pujon View, Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Ahad (12/12/2021) malam. Pada pertemuan nasional tersebut yang dihadiri seluruh OKP (organisasi kepemudaan) di Indonesia serta pengurus DPD KNPI tingkat daerah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas hadir secara membuka Rapimpurnas DPP KNPI tersebut secara daring. Rapimpurnas ini digelar secara hybrid diikuti oleh dua DPP KNPI yang sebelumnya sempat terpecah pasca Kongres Bogor yakni, Ketua Umum DPP KNPI Noerfajriansyah dengan Sekjen Addin Jauharudin dan Plt Ketua Umum DPP KNPI Mustahudin bersama Sekjen Jakson Kumaat.

“Bismillahirahmmairahim. Assalamualaikum wr wb. Dari Malino, Sulawesi Selatan, saya Amir Uskara, Ketua Fraksi PPP DPR RI. Saya ingin mengapresiasi yang tinggi kepada DPP KNPI di bawah kepemimpinan Noer Fajrieansyah telah memberikan apresiasi buat saya dalam bentuk anugrah sebagai tokoh yang memotivasi anak muda,” kata Amir Uslara.

Politisi PPP asal Sulsel itu menilai. Tentu ini sebagai motivasi buat saya untuk terus melakukan yang terbaik untuk kepentingan anak muda di Indonesia. Mudah-mudahkan apa yang menjadi harapan, dan apa yang menjadi keinginan dan cita-cita dari pendiri bangsa ini, bisa terwujud melalui anak muda, khususnya anak muda yang ada di KNPI.

“Sekali lagi, Terimakasih. Semoga apa yang diberikan ini, bermanfaat bagi saya, keluarga, bangsa, agama dan negara. Sekian Assalamualaikum wr wb,” ucap Amir Uskara seperti dikutip dari video yang disampaikan ke panitia pemberi award DPP KNPI tersebut.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP KNPI Habibie Mahabbah selaku juri penilai dalam penganugrahan itu mengatakan, Amir Uskara sangat layak mendapatkan penghargaan tersebut. Mengingat, banyak kontribusi Amir Uskara pada pemuda Indonesia, bukan hanya pemuda di Jakarta tapi juga pemuda di daerah.

“Setelah saya bersama tim mendiskusikan perihal siapa yang paling layak mendapatkan penghargaan pada kategori Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Pemuda, kami memiliki nama,” katanya.

Namun, hasil kajian dan penelusuran kami, jatuh pada Bapak Amir Uskara. Nama lain cukup bagus, hanya saja Pak Amir Uskara ini tak hanya memotivasi anak muda, juga konkrit memberi beasiswa dan lapangan kerja bagi anak muda Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

“Semoga penganugrahaan ini  bisa memberi dukungan ke anak muda untuk terus berkarya untuk Indonesia,” jelas Habibie.

Habibie menjelaskan, kontribusi Amir Uskara tak hanya sampai di situ. Dari sejumlah laporan yang masuk Amir Uskara sendiri sangat  aktif dan terlibat mendorong kemajuan pemuda Indonesia. Bahkan terjung langsung sebagai pembina organisasi kepemudaan.

“Sangat jarang, tokoh nasional yang terus peduli dan konsen terhadap isu-isu kepemudaan. Ditambah, dari karir politik Amir Uskara dari bawah, bermula dari DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi hingga DPR RI. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi pemuda Indonesia untuk terus bekerja, kreatif dan meningkatkan kapasitasnya sebagai pemimpin masa depan bangsa,” jelas Habibie.

Secara terpisah, Sekretaris DPD II KNPI Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan  Fatahuddin Lewa ikut senang dengan penghargaan tersebut. Bagi Fatahuddin, penganugrahaan  itu sangat pantas diraih Amir Uskara. Ia bangga penghargaan DPP KNPI tersebut jatuh pada putra asli Kabupaten Gowa itu.

“Bagi kami di Gowa, DPP KNPI telah mengambil keputusan yang sangat tepat dengan memberikan penghargaan kepada Bapak Amir Uskara. Selama ini beliau selalu hadir dan waktunya selalu tersedia buat pemuda buat berdialog dari berbagai organisasi tanpa memadang latar berlakang warna,” terang Fatahuddin pada wartawan  yang ikut memantau jalannya proses pembukaan Rapimpurnas secara daring.

Untuk diketahui, Amir Uskara sempat menjadi harapan pengurus KNPI Kabupaten Gowa. Saat ini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Gowa. Peraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran (Unpad) juga aktif bersama pemuda memajukan dunia olahraga. Ia adalah Ketua Forki Sulawesi Selatan.

Berikut penerima penghargaan dan kategorinya dalam Penganugrahan DPP KNPI 2021 Awards

1. Tokoh Nasional Penuh Inspirasi Anak Muda: HM. Amir Uskara, MKes

2. Tokoh Pejuang Pancasila Versi Pemuda Indonesia: Drs. H. Mukhtaruddin

3. Politisi Muda Senayan Harapan Rakyat: Dr. H. Irwan, SIP, MP

4. Tokoh Muda Berprestasi Majukan Dunia Olahraga: H. Kresna Dewanata Phrosakh, SH, MSos

5. Kepala Daerah Fenomenal Milinial Dicintai Rakyat: Muhammad Yusran Lalogau, SPi, MSi

6. Wakil Rakyat Daerah (DPRD) Under 30 Tahun Teraspiratif: SUuryadi, S.Pd, MM

7. Wanita Muda Berpengaruh Membangun Ekonomi Kreatif: Angela Herliani Tanoesoedibjo. (*)