Pemkot Makassar Launching SIM LEPPD Petama di Indonesia

oleh -172 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS – Pemerintah Kota Makassar melalui bagian tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) kota Makassar melakukan bimbingan teknis penyusunan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (LEPPD).

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Horizon Makassar, Kamis (23/12/2021). Diikuti sejumlah perwakilan SKPD lingkup Pemkot Makassar. Dibuka langsung oleh asostem I Pemkot Makassar, Andi Muh Yasir.

“Bimbingan teknis untuk para kasubag perencanaan dan penginput LEPPD di SKPD masing-masing sehingga mereka selalu diingatkan di dalam hal validasi dan penyetoran dokumen berdasarkan indkator yang perlu itu ada 2 ribu yang diinput dari pusat Kemendagi,” jelas Aswin Harun, kepala bagian tata pemerintahan Makassar.

Legiatan ini sebagai bentuk inovasi dari Pemkot Makassar. Bahkan baru dilaksanakan pertama kali untuk tahun ini.

“Untuk tahun 2021 ini, kita bisa menemukan inovasi dalam sistem informasi LEPPD ini, alat untuk kemudahan menginput operator di SKPD agar lebih efektif dan efisien,” terangnya.

“Jadi, mereka tidak perlu lagi minta data, melakui itu saja jadi secara digital memang ini aplikasi ini diinisiasi Pemkot Makassar,” sambung dia.

Menurutnya, tidak tidak semua kota menerapkan bahkan Makassar satu-satunya itu menggunakan aplikasi jadi sebelumnya belum pernah digunakan aplikasi ini.

Rencana tahun depan pihaknya akan kembangkan lagi aplikasi ini dan sempurnakan karena aplikasi LEPPD ini dibangun diakhir tahun, itu sistemnya agar lebih komplit dan luas cakupannya.

“Semua SKPD baik badan Dinas maupun kecamatan, bagian. Rencana kita lakukan sehari full, sesi pemberian teori kedua praktek sehingga kita upgrade ilmunya,” tutupnya. (*)