Pemilu 2024 Terbesar dalam Sejarah Politik dan Pemerintahan

oleh -87 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS –  Presiden Jokowi mengatakan, Pemilu dan Pilkada 2024 akan menjadi pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Pemilu pemilu Indonesia. Bahkan, mungkin saja Pemilu 2024 akan menjadi yang terbesar di dunia.

Pemilu 2024 untuk pertama kalinya pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dilakukan secara serentak. Selang beberapa bulan, diikuti dengan pemilihan gubernur dan bupati/walikota.

“Kepercayaan adalah kunci dalam proses demokrasi. Penyelenggaraan pemilu yang terpercaya akan membuahkan sebuah legitimasi yang kuat,” demikian dikutip dari keterangan Presiden Jokowi.

Berikut ini fakta-fakta Pemilu 2024 terbesar dalam sejarah:

Pemilu 2024 Terbesar dalam Sejarah
Pesta demokrasi tahun 2024, terdapat delapan pemilihan digelar, di antaranya Pemilihan Presiden (Pilpres), DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, DPD dan pemilihan legislatif tingkat Provinsi Kota serta Kabupaten.

Tanggal 14 Februari 3023 Pemilu Legislatif, dilanjut 27 November 2023 Pilpres.

Ada 38 Provinsi mengelar Pilgub, kecuali DKI Jakarta. Wilayah tingkat 2 ada 93 Kota dan 416 Kabupaten kecuali Jakarta yang melaksanakan pemilihan bupati dan walikota.

Persoalan yang kerap terjadi dalam setiap Pemilu yaitu daftar pemilih tetap (DPT). Ini sering dijadikan bahan untuk menuding terjadinya kecurangan. Bawaslu benar-benar bekerja keras untuk mengawasi proses penyusunan DPT ini.