Pemerintah Izinkan Konser hingga Pernikahan Skala Besar, Ini Syaratnya

oleh -26 views

UPDATESULSEL.NEWS – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pemerintah dapat mengizinkan penyelenggaraan kegiatan besar. Namun, wajib mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

“Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujar Johnny dalam siaran persnya, Minggu, 26 September 2021.

Dia merincikan, kegiatan berskala besar yang dimaksud seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta, hingga acara pernikahan besar.

Johnny mencontohkan, salah satu kegiatan berskala besar yang sedang dilaksanakan saat ini adalah kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus,” ujar Johnny.

Melansir Antara, izin penyelenggaraan pertemuan atau kegiatan besar dapat diberikan selama kasus Covid-19 terkendali.

“Karena seperti kita ketahui, di mana ada interaksi antarmanusia dalam kerumunan, maka di situ pula risiko penularan virus akan meningkat. Hal ini yang harus kita waspadai,” ucapnya.

Untuk menekan peluang timbulnya penularan tersebut, pemerintah menetapkan pedoman penyelenggaraan kegiatan besar.

Di antaranya, saat sebelum kegiatan, melakukan edukasi kesehatan bagi seluruh partisipan, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, dan memastikan fasilitas dan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan.

Saat kegiatan, memastikan skrining kesehatan sebelum acara, memastikan alat kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses, memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan termasuk di luar wilayah kegiatan, serta merujuk kasus positif yang terdeteksi untuk isolasi atau perawatan.

Setelah acara, harus memastikan tidak ada kasus positif yang lolos untuk kembali ke daerah asal dan mengoptimalkan karantina setelah sampai asal daerah.

“Mari biasakan adaptasi perilaku baru hidup bersama dengan Covid-19 agar seluruh partisipan dan penyelenggara bisa sehat datang, sehat pulang,” tuturnya. (*)