Pemenang Lelang dari Semarang, Stadion Mattoanging Segera Dibongkar

oleh -63 views
oleh

UPDATESULSEL.NEWS– Kepala Bidang Aset BKAD Sulsel, Murniati mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan proses lelang pembongkaran Stadion Mattoanging. Pemenangnya perusahaan berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ia menyebutkan, Stadion Mattoanging dilepas dengan nilai Rp1,3 M, naik sedikit dari harga penawaran Rp1,2 M. Dalam waktu dekat, proses pembongkaran akan segera dimulai.

“Perusahaan dari Semarang itulah yang akan melakukan proses pembongkaran dalam waktu dekat,” ujarnya, Kamis (15/10/2020)

Lanjut Murniati, Pemprov Sulsel mengharapkan pembongkaran dilakukan dalam kurun waktu dua bulan saja. Sebab, proses rehabilitasi menuju stadion berstandar FIFA tengah digenjot sesuai permintaan Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah.

“Kami sudah minta pemenang lelang segera melakukan persiapan untuk pembongkaran termasuk membayar hasil lelang ke Pemprov Sulsel sesuai ketentuan,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, Gubernur Nurdin Abdullah telah melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman daerah dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) pada Rabu 14 Oktober 2020 lalu. Pinjaman itu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Sulsel.

Mulai dari irigasi, pengembangan pengelolaan konservasi sungai, danau dan sumber daya air, reservasi jalan provinsi. Pembangunan jalan dan jembatan provinsi, instalasi irigasi, dokumen perencanaan pembangunan gedung RS, DED, Amdal, Amdalalin, dan Konstruksi Stadion Mattoanging.

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi mengatakan, pinjaman Pemprov Sulsel sudah mengakomodir beberapa anggaran perencanaan pembangunan International Mattoanging Stadium. Namun untuk anggaran konstruksi akan dikucurkan pada tahun 2021.

“Tapi semua salinan kelengkapan mulai dari Amdal, Amdalalin, DED, dan Manajemen Konstruksi harus dilaporkan. Jadi usulan Rp1 T untuk stadion tetapi terbuka sesuai perjanjian dengan PT SMI,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel direncanakan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk selanjutnya dilakukan pembongkaran. Setelah pembongkaran selesai, proses rehabilitasi akan terus berjalan dalam dua tahun anggaran.

“Rehabilitasi Stadion Mattoanging harus terus jalan. Groundbreaking dan pembongkaran harus dilakukan secepat mungkin,” tegasnya.(**)